Bola Internasional

Analisis Pertandingan Timnas Indonesia U-15 vs Singapura: Berkat Keunggulan Skill Individu

Senin, 29 Juli 2019 17:38 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/officialpssi
Hasil pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura U-15 di Piala AFF U15 2019. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/officialpssi
Hasil pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura U-15 di Piala AFF U15 2019.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-15 sukses meraih kemenangan keduanya di ajang Piala AFF U-15 usai menundukkan Singapura 3-0 di Physical Education Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Senin (29/07/19). 

Timnas Indonesia yang tengah dalam kondisi on fire usai meraih kemenangan atas Vietnam langsung tampil dominan sejak menit pertama.

Banyak peluang mampu dihasilkan Marselino Ferdinan dkk dalam tempo lima menit di awal babak pertama. Kurangnya ketenangan para pemain depan Timnas Indonesia U-16 membuat tak satu gol tercipta dari peluang-peluang tersebut.

Terus menekan, anak asuh Bima Sakti akhirnya berhasil unggul saat laga memasuki menit ke-18. Adalah aksi Marselino Ferdinan yang sukses mengeksekusi umpan silang di sektor kiri.

Meski banyak peluang, namun hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang berhasil diciptakan dari kedua kesebelasan.

Organisasi Permainan

Timnas Indonesia tampil dengan menurunkan pemain-pemain yang kurang lebih sama saat menumbangkan Vietnam. Di lini serang, pelatih Bima Sakti menurunkan trio Marselino Ferdinan, Muhammad Valeron, dan Faizal Shaifullah yang disokong oleh Wahyu Agung. 
 
Melawan Singapura, Indonesia unggul di segala lini. Timnas Garuda mampu membangun serangan secara terstruktur dengan umpan-umpan pendek dari lini belakang hingga ke depan. 

Sebaliknya, Singapura bermain lebih sporadis dan minim melakukan tekanan. Gagalnya Singapura mengalirkan bola ke pertahanan lawan seringkali dimanfaatkan Indonesia menjadi serangan balik. 

Permainan apik ini terbayar pada gol pertama Indonesia yang dicetak Marselino Ferdinan. Berawal dari serangan balik cepat di sayap kanan penyerangan, Faizal yang memegang bola mengirimkan umpan ke tengah yang langsung disambut tandukan Ferdinan. 

Skill Individu Jadi Kunci

Melawan tim yang bermain bertahan dan melakukan serangan sporadis seringkali bisa menjadi hal yang merepotkan lantaran pertahanan yang bertumpuk.

Namun, hal itu tak berlaku bagi Indonesia yang memiliki pemain-pemain dengan skill individu mumpuni. 

Hal ini terlihat dari gol tambahan yang dicetak oleh Timnas Indonesia pada menit ke-72. Gol itu bermula dari pergerakan Faizal Shaifullah yang mampu mengecoh satu pemain Singapura sebelum akhirnya mengirimkan bola ke kotak penalti. 

Bola yang mengarah ke kotak penalti sukses disambut Wahyu Agong Drajay yang dengan cerdas memanfaatkan kemelut dan mengarahkan bola ke pojok kiri gawang. 

Pada gol ketiga, giliran Muhammad Valeron yang memainkan peranan penting. Pemain Persib U-16 itu mampu menggocek bola untuk mengelabui pemain belakang Singapura dan kemudian mengirimkan bola ke kotak penalti. 

Lagi-lagi Faizal yang menyambut umpan tersebut dan tanpa kesulitan ia mampu membobol gawang Singapura. 

Kemenangan 3-0 yang diraih Indonesia atas Singapura merupakan yang kedua di Grup A Piala AFF U-15.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen dengan koleksi enam poin. Posisi Indonesia bisa tergusur andai Timor Leste memenangkan laga melawan Myanmar.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%