Liga Indonesia

3 Kehebatan Milan Petrovic yang Bisa Bawa Badak Lampung FC Menakutkan di Liga 1 2019

Selasa, 30 Juli 2019 14:01 WIB
Editor: Juni Adi
© badaklampungfc
Badak Lampung FC resmi tunjuk Milan Petrovic jadi pelatih Copyright: © badaklampungfc
Badak Lampung FC resmi tunjuk Milan Petrovic jadi pelatih

INDOSPORT.COM - Perseru Badak Lampung FC resmi dilatih Milan Petrovic di sisa kompetisi Liga 1 2019. Keputusan tersebut bisa dibilang tepat, karena Petrovic adalah pelatih berkualitas.

Sebuah keputusan mengejutkan dialami Perseru Badak Lampung FC di tengah-tengah kompetisi Liga 1 musim 2019 ini. Klub berjuluk Laskar Saburai itu ditinggal oleh pelatih utama mereka Jan Saragih pada Minggu (28/07/19) kemarin.

Hanya selang satu hari, mereka telah resmi mendapatkan penggantinya yakni Milan Petrovic. Kepastian itu disampaikan oleh pihak klub melalui laman media sosial Intagram resmi mereka, @badaklampungfc.

"Kami sangat senang untuk menyambut Anda coach Milan Petrovic!! Harapan baru, kesempatan baru, dan semangat juang baru sudah menunggu di depan kita. GO BADAK!," tulis Badak Lampung.

Nama Milan Petrovic sendiri bukanlah sosok asing di telingan para pecinta sepak bola Tanah Air. Sebab, ia sudah pernah mengadu nasib sebagai pelatih di Liga 1 saat menukangi Arema FC pada tahun 2018 lalu.

Berpengalamn dan punya reputasi bagus, bisa jadi sebuah keputusan yang tepat untuk Badak Lampung FC ditangani Milan Petrovic. Bahkan ada beberapa alasan ia bisa membawa T.A Musafri dan kolega tampil garang di sisa musim Liga 1 2019.

1. Mengantongi Lisensi UEFA Pro

Sebagai pelatih, Milan Petrovic rupanya telah mempunyai lisensi UEFA Pro. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu pertimbangan yang diperhatikan oleh Arema sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Lisensi UEFA Pro sendiri merupakan sertifikat kepelatihan yang dimandatkan oleh UEFA sebagai badan resmi sepakbola Eropa. Dengan begitu, diharapkan mungkin Arema akan mampu mencapai tingkat penampilan setara klub Eropa. 

2. Akrab dengan Pemain Muda

Hampir 80 persen skuat Badak Lampung FC di Liga 1 2019 ini diisi oleh para pemain muda. Hal tersebut membuat Milan Petrovic tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk bisa beradaptasi.

Pasalnya, ia memiliki kelebihan mampu menangani dengan baik para pemain muda. Petrovic bahkan pernah menjadi manajer di skuad tim nasional U-20 Slovenia. 

Pengalaman tersebut bukan tidak mungkin akan membuat pelatih asal Serbia itu bisa mengangkat bakat-bakat muda di skuad Perseru Badak Lampung FC.

3. Pengalaman di Dunia Sepak Bola

Petrovic punya catatan karier kepelatihan yang cukup panjang di ranah sepak bola khususnya di Slovenia. Ia memulai pekerjaannya sebagai juru taktik sejak tahun 1996 silam atau hampir 20 tahun lebih.

Klub pertama yang ia tangani adalah Studio D, Novo mesto, yang kala itu berkiprah di liga divisi 1 Slovenia. Ia tak hanya menjadi pelatih kepala di klub tersebut, namun juga di klub bernama Elan.