Liga Indonesia

Eks Persija Buka-bukan Terkait Keputusan Tinggalkan Badak Lampung FC

Selasa, 30 Juli 2019 13:49 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Bogor FC, Jan Saragih Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Bogor FC, Jan Saragih

INDOSPORT.COM - Perseru Badak Lampung FC mengakhiri kerja sama dengan pelatih Jan Saragih, Minggu (28/07/19). Manajemen tim Laskar Saburai akhirnya menunjuk Milan Petrovic sebagai nakhoda baru. Jan yang pernah membesut Persija itu pun buka-bukaan mengenai alasan ia akhirnya memilih untuk meninggalkan Badak Lampung FC.

Performa tim yang terus menurun disebut-sebut sebagai alasan kuat pelatih berusia 34 tahun itu mundur. Terakhir, Badak Lampung FC dihajar tuan rumah Madura United, 1-5 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Sabtu (27/07/19).

INDOSPORT mencoba mengulik alasan mundurnya eks pelatih Persija Jakarta tersebut. Rasa tanggung jawab yang besar menjadi faktor utama Jan meninggalkan tim.

"Ya sebenarnya (keputusan ini) agar lebih baik ke depannya untuk tim. Pelatih berikutnya juga punya waktu atau kesempatan untuk beradaptasi lebih," kata Jan, Selasa (30/07/19).

Dia memaparkan, inkonsistensi jadi kendala terberat yang dirasakan saat membesut Badak Lampung FC. Performa pemain yang naik turun membuat beberapa skema permainan tidak berjalan baik.

"Seperti melawan Madura Unted kemarin, kita punya banyak peluang berbahaya di babak pertama. Memang konsistensi untuk mempertahankan atau mengeksekusi performa ini yang butuh waktu," ujar dia.

Belum lagi, hampir seluruh pemain di tim yang bermarkas di Stadion Sumpah Pemuda itu baru. Artinya, lanjut Jan, perlu banyak waktu untuk menyatukan visi dan misi serta chimistry antarpemain.

"Kita tahu ini klub baru dan pemain-pemain yang ada tidak pernah bermain bersama sebelumnya. Jadi kan kita start benar-benar dari nol dan itu bukan sesuatu yang gampang," paparnya.

"Uji coba kita juga sedikit dengan persiapan tim paling akhir. Contohnya tim-tim lain ikut di Piala Presiden, namun skuat Badak Lampung yang saat ini kan tidak. Artinya memang butuh waktu saja sebenarnya," tambah dia.

Meski demikian, Jan Saragih percaya Badak Lampung memiliki potensi yang besar untuk kembali tampil apik. "Saya yakin sebenarnya tim ini mampu untuk bersaing. Tinggal bagaimana tetap konsisten dan mudah-mudahan eksis di Liga 1," harapnya.