Bola Internasional

Selain Persela vs Borneo, Ini 3 Laga dengan Perpanjangan Waktu Terlama

Selasa, 30 Juli 2019 06:27 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Ilustrasi Sepakbola. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi Sepakbola.

INDOSPORT.COM – Pertandingan lanjutan Liga 1 2019 yang mempertemukan Persela Lamongan vs Borneo FC diwarnai dengan beberapa insiden kontroversial.

Selain dengan keputusan wasit yang dianggap merugikan tim tuan rumah, lamanya perpanjangan waktu pada pertandingan Persela vs Borneo akhirnya menyita perhatian penikmat sepak bola nasional.

Terhitung, laga yang dimainkan di Stadion Surajaya, Lamongan, ini menghabiskan waktu tambahan kurang lebih 32 menit. Dengan begitu, pertandingan tersebut menghabiskan waktu hingga menit ke-122.

Ini pun menjadi salah satu pertandingan terlama yang pernah ada di persepakbolaan lokal, maupun dunia. Fenomena seperti ini memang jarang terjadi di dunia sepak bola.

Selain pertarungan Persela vs Borneo, berikut INDOSPORT mencoba untuk menyajikan deretan pertandingan sepak bola yang perpanjangan waktunya sangat lama. Simak ulasan singkatnya.

Arsenal vs Liverpool

Pertandingan seru yang terjadi di ajang Liga Primer Inggris, antara Arsenal vs Liverpool, juga menghabiskan perpanjangan waktu yang cukup lama. Bermain di Emirates Stadium pada 17 April 2011 lalu, laga ini memiliki waktu tambahan hingga 12 menit.

Itu terjadi terjadi ketika dua bek Liverpool, Jamie Carragher dan Joe Flanagan, mengalami cedera dan harus menerima perawatan medis. Laga itu pun akhirnya berlangsung selama 102 menit lebih 30 detik, di mana kedua tim harus bermain imbang 1-1.

Arsenal vs West Ham

Arsenal kembali menjadi klub yang merasakan lamanya pertandingan terlama di Liga Primer Inggris. Kali ini terjadi pada kompetisi musim 2012/13 lalu saat Arsenal mengalahkan West Ham United dengan skor 5-1 (23 Januari 2013).

Saat itu wasit memberikan perpanjangan waktu hingga 12 menit akibat cedera parah yang dialami pemain tim tamu, Daniel Potts. Sang pemain harus dilarikan ke rumah sakit, sehingga laga itu menghabiskan total waktu hingga 102 menit 58 detik.

Quito vs Barcelona Guayaquil

Perpanjangan waktu terlama juga pernah mewarnai pertandingan di Liga Ekuador yang mempertemukan Quito vs Barcelona Guayaquil pada 8 September 2002 silam.

Sebenarnya, wasit Byron Moreno memberikan aba-aba waktu tambahan hanya 6 menit. Akan tetapi, banyaknya pelanggaran yang terjadi di laga tersebut membuat perpanjangan waktu itu menghabiskan waktu hingga 13 menit.

Saat itu, Quito berhasil membalikkan keadaan menjadi 4-3 saat menjamu Barcelona. Akibat insiden tersebut, Moreno dihukum tak boleh lagi memimpin laga selama 20 kali.