Liga Indonesia

Termasuk Wawan Rapiko, Ini 4 Wasit yang Pernah Buat Kontroversi Juga di Liga 1 2019

Selasa, 30 Juli 2019 11:57 WIB
Editor: Coro Mountana
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Wasit Wawan Rapiko menjadi bulan-bulanan pemain Persiba Bantul Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Wasit Wawan Rapiko menjadi bulan-bulanan pemain Persiba Bantul
Wawan Rapiko

Nama Wawan Rapiko mendadak menjadi buah bibir setelah keputusan krusialnya mengundang perdebatan dalam laga Persela Lamongan vs Borneo FC. Pasalnya pihak Persela Lamongan tidak bisa menerima keputusan Wawan Rapiko memberi hadiah penalti untuk Borneo FC.

Persela Lamongan merasa tandukan yang dilakukan Dwi Kuswanto itu terjadi bukan dalam prosese perebutan bola atau laga sedang bergulir. Meski begitu berdasarkan aturan FIFA, tindakan Dwi Kuswanto masuk dalam law of the game FIFA 2018/19 halaman 109.

Di sana disebutkan bahwa tindakan Dwi Kuswanto itu masuk dalam kategori perbuatan kekerasan. Untuk itu sang wasit diperbolehkan untuk memberikan hadiah penalti kepada Borneo FC.

Iwan Sukoco

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Wasit Liga 1 asal Malang, Iwan Sukoco Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTWasit Liga 1 asal Malang, Iwan Sukoco

Duel Barito Putera vs Bali United dalam Liga 1 2019 akan selalu diingat sebagai pertandingan yang penuh kejutan. Hal itu dikarenakan di laga itulah Barito Putera meraih kemenangan perdana, sedangkan bagi Bali United menjadi kekalahan pertamanya.

Namun sayang dalam laga seru, terselip kejadian kontroversial ketika Malvin Platje mencetak gol ke gawang Barito Putera yang ternyata tidak disahkan oleh wasit Iwan Sukoco. Baginya, Melvin Platje telah berada di posisi offside.

Padahal dalam tayangan ulang, jelas posisi Platje onside saat menerima bola. Akibat insiden itu, Bali United menderita kerugian dengan menelan kekalahan perdana di kandang Barito Putera dengan skor 0-1.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%