Liga Inggris

Legenda Timnas Inggris Akui Kiper Chelsea Bisa Jadi Gelandang Tengah

Rabu, 31 Juli 2019 20:19 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan kiper Timnas Inggris, Robert Green, menyebut bahwa Kepa Arrizabalaga bisa menjadi gelandang tengah setelah melihat kemampuannya kala masih membela Chelsea.

Dilansir dari Football London, pria yang baru saja memutuskan gantung sepatu diakhir musim 2018/19 ini menceritakan bagaimana pengalamannya selama satu musim membela Chelsea. Green mengatakan bahwa The Blues selalu menerapkan strategi permainan dari kiper.

"Ekspektasi yang diberikan kepada kami (kiper) adalah bermain dari lini belakang dan bagaimana melakukannya," ujar Green kepada BBC 5 Live.

Robert Green pun menilai dua kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga dan Willy Caballero, memiliki kemampuan untuk memulai permainan dari belakang. Khusus untuk Kepa, pria berusia 39 tahun tersebut menilai juniornya mampu bermain sebagai gelandang jika dilihat dari umpan yang ia lepaskan.

© 90min
Kiper Chelsea yang menolak digantikan di final Piala Liga Inggris melawan Manchester City Copyright: 90minKiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

"Dia (Kepa) menaruh bola dibawah lalu dengan kaki kanan dan kaki kiri ia bisa melepaskan umpan terukur ke arah full-back yang berlari menyisir sayap. Dan kau hanya bisa bilang 'wow'. Dia mampu bermain sebagai gelandang," tambahnya.

Kepa didatangkan pada musim 2018/19 lalu oleh Chelsea dari Athletic Bilbao. Transfernya yang memakan mahar sebesar 71,6 juta poundsterling atau sekitar 1,2 triliun rupiah dan menjadikannya kiper termahal sepanjang sejarah melebih Alisson Becker dari Liverpool.

Robert Green sendiri kini telah memutuskan gantung sepatu dari dunia sepakbola. Ia mengakhiri karirnya dengan mengangkat piala Liga Europa bersama Chelsea setela menjuarainya pada musim 2018/19.