Liga Italia

Mirip Punya Lazio, Jersey Klub Liga 3 Indonesia Diledek Media Italia

Kamis, 1 Agustus 2019 12:41 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© gianlucadimarzio.com
Kemiripan jersey Lazio dengan klub Liga 3 Indonesia, Persikoba Batu. Copyright: © gianlucadimarzio.com
Kemiripan jersey Lazio dengan klub Liga 3 Indonesia, Persikoba Batu.

INDOSPORT.COM – Persikoba Batu menjadi sorotan media Italia milik jurnalis kawakan Italia, Gianluca Di Marzio. Klub yang berkompetisi di Liga 3 (kasta ketiga liga sepak bola Indonesia) itu memiliki kemiripan desain jersey dengan klub Serie A Italia, SS Lazio.

Desain berlogo Elang tersebut sebenarnya memiliki arti historis yang mendalam untuk Lazio. Biancocelesti pertama kali menggunakannya pada musim 1986/87. Saat itu, mereka berhasil menghindari degradasi ke Serie C Italia meski dihukum pengurangan sembilan poin.

Klub asal kota Roma itu menampilkan desain yang sama pada musim 2014/15. Saat itu, mereka menggunakannya untuk memperingkati ulang tahun klub ke-115. Seolah melekat dengan identitas tim, desain itu kembali lagi digunakan di jersey Lazio musim 2018/19 lalu.

Persikoba sendiri mengadopsi corak Elang yang sama di bagian dada jersey. Namun, mereka lebih menyediakan ruang untuk sponsor yang lebih luas di bagian bawah. Secara umum, warna biru muda, biru tua, dan putih yang digunakan Lazio diadopsi secara penuh.

Situs Di Marzio sendiri mengklaim bahwa penggunaan desain jersey yang elegan sekaligus modern ini merupakan dampak popularitas Serie A Italia di Indonesia. Lazio sendiri diperkirakan memiliki lebih dari 20 ribu penggemar yang tersebar di Tanah Air.

Sebelumnya, situs asal Italia itu menyoroti bahwa Persikoba bisa menggagalkan niat Lazio untuk menggunakan jersey yang sama pada musim 2019/20 mendatang. Pasalnya, klub dengan reputasi besar di Eropa seperti mereka tentu menginginkan ekskusivitas.

Entah benar atau tidak, Biancocelesti benar-benar mengeluarkan jersey musim 2019/20 yang tak lagi menampilkan desain Elang ikonik. Lazio telah merilis jersey kandang, tandang, dan alternatif dengan desain sederhana.

2