Liga Indonesia

Analisis Pertandingan Persebaya Surabaya vs Persipura Jayapura: Penyelesaian Akhir Jadi Momok

Jumat, 2 Agustus 2019 20:45 WIB
Editor: Juni Adi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Laga antara Persebaya vs Persipura. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Laga antara Persebaya vs Persipura.

INDOSPORT.COM - Duel seru tersaji di laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-12 antara Persebaya Surabaya vs Persipura Jayapura pada Jumat (02/08/19) malam WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) itu, Persebaya menang dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal diciptakan oleh Irfan Jaya menit ke-32. 

Bajul Ijo yang bertindak sebagai tuan rumah, langsung tampil menggebrak di awal-awal babak pertama. Mereka membuka peluang lebih dahulu, melalui tendangan bebas di depan kotak penalti Persipura, tapi belum menemui sasaran.

Dua menit berselang, Persebaya kembali mendapat peluang. Shooting volley dari Misbakus masih melambung di atas gawang Mutiara Hitam.

Tak ingin ditekan terus, Persipura mencoba keluar menyerang. Akan tetapi upaya mereka kerap dipatahkan oleh para pemain tengah ataupun lini belakang Persebaya.

Penyelesaian Akhir Jadi Momok

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-32, setelah Irfan Jaya mencetak gol. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai. Di babak kedua, Persebaya dan Persipura tampil lebih agresif. 

Khususnya Persipura yang berusaha mengejar ketertinggalan. Beberapa peluang diciptakan oleh anak asuh Jacksen F. Tiago seperti yang dilakukan oleh striker belia Todd Rivaldo Albert Ferre.

Ia beraksi di dalam kotak penalti Bajol Ijo. Beruntung lini belakang Persebaya yang dikomandoi Otavio Dutra dan Hansamu Yama Pranata mampu menghalau. 

Persebaya coba merespons. Pada menit ke-50, Solikin coba melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi usahanya masih melambung.

Penyelesaian akhir kedua tim benar-benar jadi momok di laga kali ini. Salah satu peluang emas lagi-lagi didapat oleh pemain Persebaya, Manuchekhr Dzhalilov.

Ia mendapatkan peluang emas bertabur bintang menit ke-62, namun justru kontrol bolanya tidak prima sehingga bola berhasil diamankan oleh kiper Dede Sulaiman.

10 menit jelang laga bubaran, Persebaya masih terus mendominasi jalannya laga. Mereka bahkan kembali mendapat peluang melalui Lizio.

Pergerakannya lepas dari jebakan offside Namun sayang sepakannya masih dapat dimentahkanp penjaga gawang Persipura, Dede. Hingga akhirnya kedua tim gagal menciptakan gol di babak kedua. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.