Liga Indonesia

Cari Kiper Asing, Calon Naturalisasi Milik Ajax Ini Bisa Direkrut Persib

Jumat, 2 Agustus 2019 06:28 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Benjamin van Leer saat jalani latihan bersama Ajax Amsterdam bisa didatangkan Persib Bandung. Copyright: © INDOSPORT
Benjamin van Leer saat jalani latihan bersama Ajax Amsterdam bisa didatangkan Persib Bandung.

INDOSPORT.COM – Klub ternama sepak bola, Persib Bandung baru-baru ini mengalami krisi penjaga gawang saat mengarungi kompetisi Liga 1 2019. Itu terjadi ketika Muhammad Natshir dan I Made Wirawan mengalami cedera.

M. Natshir mengalami cedera saat menghadapi Persija Jakarta beberapa pekan lalu. Sedangkan I Made Wirawan masih diragukan tampil akibat cedera yang diterima saat melawan Bali United pekan lalu.

Situasi ini membuat pelatih Robert Rene Alberts hanya bergantung pada kiper ketiga, Aqil Savik, dalam laga penting Liga 1 2019 melawan Arema FC. Sayangnya, di laga tersebut Aqil Savik harus kebobolan sebanyak lima kali.

Ini menjadi salah satu faktor utama yang membuat manajemen Persib segera mencari kiper baru pada jendela transfer pertengahan musim nanti. Manajer Persib, Umuh Muchtar pun sempat mengatakan ingin mencari kiper asing dalam waktu dekat.

Akan tetapi, salah satu petinggi Persib itu masih belum memberikan kisi-kisi mengenai siapa penjaga gawang asing yang pantas dating ke Stadion Si Jalak Harupat pada pertengahan musim nanti.

Nama calon pemain naturalisasi yang memperkuat Ajax Amsterdam, Benjamin Van Leer pun bisa saja menjadi solusi terbaik untuk Maung Bandung.

© VI Images/Getty Images
Benjamin van Leer saat mengikuti sesi latihan di Ajax Amsterdam. Copyright: VI Images/Getty ImagesBenjamin van Leer saat mengikuti sesi latihan di Ajax Amsterdam.

Karena kiper berusia 27 tahun ini kemungkinan besar tidak mendapatkan tempat utama, mengingat Ajax masih percaya penuh kepada Andre Onana.

Situasi tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manajemen Persib. Terlebih, Benjamen Van Leer memiliki darah Indonesia di dalam tubuhnya. Tentu itu bisa mempermudah jalan Persib mendapatkan tanda tangan sang kiper.

Akan tetapi, sangat sulit jika mendatangkan Benjamin Van Leer secara permanen pada musim ini. Karena menurut laporan Transfermarkt, sang kiper masih memiliki kontrak hingga 2021.

Namun Persib bisa mendatangkan Benjamin Van Leer dengan status pinjaman hingga akhir musim 2019 nanti. Apalagi, Ajax juga memilih untuk meminjamkan sang kiper pada musim lalu ke NAC Breda. Bukan tidak mungkin jika musim ini mereka kembali meminjamkan sang kiper.

Benjamin Van Leer sendiri hampir selalu tampil di Liga Belanda (Eredivisie) pada musim lalu dengan total 31 laga. Dirinya hanya mampu mencatatkan 3 kali clean sheets dan kebobolan 67 gol selama satu musim.

Meski catatannya tidak terlalu bagus di Liga Belanda, namun pengalamannya bermain di pentas Eropa bisa menjadi nilai plus. Karena bukan tidak mungkin ia akan tampil lebih mengesankan ketika bermain di Liga 1 2019 berasma Persib.