Liga Inggris

Resmi Pulangkan Makelele, Chelsea Lakukan Terobosan untuk Para Legenda

Sabtu, 3 Agustus 2019 17:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© e Cup trophies (Photo by
Claude Makelele saat pose bersama trofi Community Shield, Piala Liga Ingris dan Coca Cola League Cup. Copyright: © e Cup trophies (Photo by
Claude Makelele saat pose bersama trofi Community Shield, Piala Liga Ingris dan Coca Cola League Cup.

INDOSPORT.COM – Eks gelandang Chelsea era 2003-2008, Claude Makelele Sinda kembali ke klub dengan status dan jabatan baru. Ia resmi mengemban amanah sebagai pelatih akademi sepak bola muda Chelsea.

Makelele sendiri meraih kejayaan dalam karirnya saat memperkuat The Blues di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho. Ia juga sempat memperkuat Paris Saint Germain sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2011.

Jabatan sebagai pelatih memang bukan hal yang baru bagi Makelele. Sejak memutuskan gantung sepatu di usia 38 tahun, eks bintang Timnas Perancis itu langsung naik kasta menjadi asisten pelatih PSG.

Baru-baru ini Makelele memutuskan untuk menyudahi kontraknya sebagai pelatih tim sepak bola Belgia, Eupen. Benar saja, keputusan itu adalah pertanda jika Makelele akan kembali ke Chelsea, tepatnya sebagai pelatih akademi.

“Saya sangat senang bisa kembali. Klub ini telah memberi saya begitu banyak pengalaman, dan sekarang saya ingin berkontribusi kembali untuk membantu para pemain muda Chelsea mencapai karir sepak bola impian mereka,” sebut Makelele.

"Saya ingin menggunakan semua pengalaman saya untuk membantu mereka menjadi pemain profesional dalam semua aspek, dan saya sudah tidak sabar untuk mengawalinya," tambahnya.

Lima tahun membela Chelsea, Makelele setidaknya pernah mengangkat trofi juara Liga Premier Inggris dan Piala Liga. Dengan bergabungnya mantan pesepakbola berusia 46 tahun itu, maka semakin menegaskan jika Chelsea memanfaatkan para pemain legenda untuk menjabat sebagai pelatih dan penasihat tim.

Sebelum Claude Makelele, Frank Lampard telah memastikan jabatan sebagai pelatih kepala Chelsea untuk musim 2019, disusul eks kiper Petr Cech yang langsung mendapat tempat sebagai penasihat teknik. Carlo Cudicini bahkan sudah menjabat sebagai pelatih teknik bagi pemain pinjaman.