Bola Internasional

AFF Sebut Gali Freitas Tak Curi Umur, Netizen: Timor Leste Punya Orang Dalam

Minggu, 4 Agustus 2019 17:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas (tengah) saat melawan Filipina di Piala AFF 2018 Copyright: © MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas (tengah) saat melawan Filipina di Piala AFF 2018

INDOSPORT.COM – Kasus pencurian umur yang diduga dilakukan keseblasan Timor Leste di ajang Piala AFF U-15 2019 kini mendapat protes massal dari berbagai negara peserta, khususnya dari Indonesia yang memang berada satu grup dengan negara tetangga itu.

Kapten Timor Leste U-15, Paulo Domingos Gali da Costa Freitas diduga melakukan pencurian umur dari usia 22 menjadi 14 tahun dalam daftar pemain yang diserahkan kepada AFF.

Bermain sebagai gelandang serang, Gali Freitas telah membukukan 5 gol dari 4 laga, termasuk salah satunya ke gawang Indonesia dalam pertemuan Kamis (31/07/19) lalu. Selebrasi yang dilakukan Freitas juga dianggap provokatif hingga menuai kecaman netizen Tanah Air.

Kini dalam perkembangan kasus pencurian umur, ASEAN Football Federation (AFF) secara resmi merilis jika Gali Freitas benar berusia 14 tahun dan diizinkan untuk melanjutkan kiprahnya bersama Timor Leste U-15 di ajang Piala AFF U-15 2019.

“Komite Disiplin dan Etika Ad Hoc AFF memutuskan bahwa protes yang diajukan oleh Myanmar dan Singapura tidak berdasar dan diberhentikan sesuai dengan itu,” tertuang dalam rilis resmi AFF pada hari ini, Minggu (04/08/19) di Chonburi, Thailand.

“Pemain Paulo D. G. Da C. Freitas (Jersey nomor 10) dari Timor-Leste dianggap memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan AFF U15 2019 sesuai dengan Pasal 5.1 Peraturan Turnamen AFF U15 Championship 2019.”

“Putusan tersebut muncul setelah penyelidikan menyeluruh dan konklusif oleh AFF, berdasarkan evaluasi dokumen dan laporan medis,” lanjut isi rilis tersebut.

Hal ini kemudian diteruskan oleh berbagai pihak melalui akun media sosial, salah satunya adalah akun Instagram @asean.football yang langsung mendapat kecaman di kolom komentar, yang umumnya merupakan ungkapan dari netizen Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ASEAN FOOTBALL (@asean.football) on

“Muka dan nama sama, masa iya kembar? Kembar kok selisih umurnya jauh?” komentar dari @muhzulton14.

“Artinya dia masuk U-22 tahun lalu itu masih berusia 12 tahun,” tambah @iam_hfastiawan.

“Kuat juga orang dalam Timor Leste,” timpal pemilik akun @anharsrg.

Sebagaimana diketahui Timor Leste masih menyisakan laga penentu di fase grup menghadapi Vietnam U-15 hari ini, Minggu (04/08/19). Salah satu dari mereka yang memenangkan pertandingan akan menyusul Timnas Indonesia U-15 ke babak semifinal Piala AFF U-15 2019.