Liga Spanyol

Boros di Bursa Transfer, Keuangan Barcelona Mulai Goyah

Minggu, 4 Agustus 2019 21:15 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© David Ramos/Getty Images
Antoine Griezmann menjadi rekrutan termahal Barcelona pada bursa transfer musim panas tahun ini. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Antoine Griezmann menjadi rekrutan termahal Barcelona pada bursa transfer musim panas tahun ini.

INDOSPORT.COM – Setelah jor-joran di bursa transfer pemain, Barcelona kini mulai menata ulang keseimbangan finansial mereka. Pasalnya, neraca keuangan raksasa LaLiga Spanyol itu disebut mulai goyah pasca megatransfer Antoine Griezmann dan Frenkie de Jong.

Kanal sepak bola internasional AS melaporkan, Barcelona sedang berusaha melepas sejumlah pemain bintangnya untuk menstabilkan finansial mereka. Hal itu terpaksa dilakukan setelah memboyong Griezmann dan De Jong dengan harga selangit.

Seperti diketahui, Barcelona telah merampungkan transfer De Jong dari Ajax dengan harga 75 juta euro atau mencapai Rp1,8 triliun. Menyusul kemudian, Griezmann datang ke Camp Nou setelah ditebus dengan mahar 120 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun.

Dana belanja Barcelona pada jendela transfer musim panas tahun ini masih membengkak karena mereka juga mendatangkan kiper Neto dari Valencia, serta mengikat dua pemain muda Emerson (Real Betis) dan Marc Cucurella (Eibar).

Jika ditotal, pengeluaran Barcelona untuk lima pemain tersebut mencapai 237 juta euro atau mencapai Rp3,7 triliun. Celakanya, dana yang mereka keluarkan untuk membeli pemain lebih besar dari uang yang mereka dapatkan dari penjualan beberapa bintang Blaugrana.

Hingga saat ini, Barcelona baru mendapatkan dana segar dari penjualan Malcom ke Zenit St. Petersburg sebesar 40 juta euro (Rp631 miliar), Jasper Cillesen ke Valencia seharga 35 juta euro (Rp551 miliar), dan Andre Gomes yang dilepas ke Everton dengan mahar (Rp393 miliar).

Selain itu, Blaugrana juga mendapat tambahan dana dari hasil penjualan Denis Suarez serta Paco Alcacer. Apabila dihitung, total pendapatan Barcelona dari penjualan pemain adalah 146 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun.

Meski jumlah itu tidak sedikit, namun kubu Barcelona masih menyimpan minus 90 juta euro (Rp1,4 triliun) dari hasil jual-beli pemain. Angka itu dikabarkan sangat berpengaruh pada kondisi finansial kampiun LaLiga Spanyol 2018/19 tersebut.

Imbasnya, Barcelona dilaporkan akan menjual sejumlah bintangnya guna menyeimbangkan finansial mereka. Salah satu nama yang santer bakal dikorbankan adalah Philippe Coutinho.

Coutinho saat ini merupakan pemain yang berpotensi mendatangkan untung besar bagi Barcelona karena memiliki nilai pasar tak kurang dari 80 juta euro (Rp1,2 triliun). Arsenal, Liverpool, dan Paris Saint-Germain disebut-sebut berminat memboyong gelandang berpaspor Brasil tersebut.