Liga Indonesia

Krisis Kiper, Persib Bisa Tiru Langkah Persija Musim 2018 Lalu

Minggu, 4 Agustus 2019 17:34 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Krisis Kiper, Persib Bisa Tiru Langkah Persija Musim 2018 Lalu Copyright: © INDOSPORT
Krisis Kiper, Persib Bisa Tiru Langkah Persija Musim 2018 Lalu

INDOSPORT.COM – Krisis kiper sedang melanda klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung, pada kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Kiper utama Persib Bandung, Muhammad Natshir, terpaksa mengakhiri kompetisi lebih cepat setelah mengalami cedera parah yang memaksanya absen lama.

I Made Wirawan juga kerap dibekap cedera dalam beberapa pertandingan terakhir. Alhasil, Aqil Savik menjadi pilihan terakhir di jantung pertahanan Persib Bandung.

Aqil Savik memang sibuk bersama Timnas Indonesia U-19 pada tahun 2018. Akan tetapi, ia sama sekali tidak mengantongi menit bermain di level klub pada Liga 1 2018.

Bermodal statistik tersebut, Aqil Savik harus mengemban tugas berat sebagai kiper utama. Ia dipaksa naik kelas di waktu yang belum tepat.

Baru tampil dua kali di Liga 1 2019, Aqil Savik sudah menderita 6 kebobolan. Kekalahan 1-5 dari Arema FC, Selasa (30/07/19), bahkan menciptakan rekor buruk kekalahan lima gol sejak 2 Februari 2011.

Kondisi ini mau tidak mau membuat Persib Bandung harus segera mencari kiper baru. Persib Bandung dapat meniru langkah Persija Jakarta musim 2018 lalu terkait krisis kiper.

Meminjam Kiper

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shahar Ginanjar saat mengamankan bola yang mengarah ke gawangnya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTShahar Ginanjar saat mengamankan bola yang mengarah ke gawangnya.

Sibuknya Andritany Ardhiyasa bersama Timnas Indonesia membuat Persija Jakarta kehilangan sosok penting di bawah mistar gawang.

Persija Jakarta sebenarnya memiliki tiga penjaga gawang, yakni Daryono, Rizky Darmawan, dan Gianluca Rossy. Akan tetapi, Persija Jakarta memutuskan untuk tetap mendatangkan kiper baru pada paruh kedua 2018.

Shahar Ginanjar yang kurang mendapatkan jam terbang bersama PSM Makassar akhirnya berhasil digaet. Keputusan tersebut ternyata terbilang tepat.

Mantan kiper Persib Bandung itu tampil mengesankan saat Andritany absen. Shahar tampil dalam 10 pertandingan dan sukses membukukan 5 kali clean sheet.

Puncaknya, Shahar mampu ikut mengantarkan Persija Jakarta meraih juara dan ‘mengkhianati’ mantan klubnya. Shahar pada akhirnya dipermanenkan dan menjadi bagian dari Persija Jakarta pada Liga 1 2019.

Tiru Langkah Persija

© Pojok Jabar
Imam Arief Fadillah, Kiper Persib Bandung Copyright: Pojok JabarImam Arief Fadillah, mantan kiper Persib Bandung

Persib Bandung sempat disebut akan mendatangkan kiper asing pada bursa transfer paruh kedua Liga 1 2019. Pada intinya, Persib Bandung membutuhkan kiper baru.

Langkah peminjaman kiper seperti Persija Jakarta musim 2018 lalu dapat mencari solusi jangka pendek bagi Persib Bandung, setidaknya sampai musim 2019 berakhir.

Persib Bandung dapat memilih kiper berpengalaman yang masih ‘mengganggur’ di klub Liga 1. Maung Bandung mungkin dapat memanggil kembali Imam Arief Fadillah dari Persebaya Surabaya.

Aditya Harlan dari Barito Putera dan Samuel Reimas dari Bali United adalah beberapa nama yang memiliki potensi besar sebagai kiper inti, namun tersisihkan di klubnya.

Bola panas kini ada di tangan Persib Bandung. Akan bertahan dengan Aqil Savik sembari menunggu Made Wirawan pulih atau berjuang dengan kiper baru sampai akhir musim 2019.