Bola Internasional

On This Day: Penanda Awal Ronaldinho Sebelum Taklukan Eropa

Minggu, 4 Agustus 2019 06:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© Scoopnest
Debut Ronaldinho di Eropa bersama PSG, (04/08/01) Copyright: © Scoopnest
Debut Ronaldinho di Eropa bersama PSG, (04/08/01)

INDOSPORT.COM - 18 tahun yang lalu tepat di tanggal 4 Agustus, seorang pemain luar biasa dari Brasil, Ronaldinho, mengawali kariernya di Eropa.

Ronaldinho tak bisa ditampik merupakan salah satu pemain asal Brasil yang paling sukses bermain di sepak bola Eropa. Segudang gelar juara hingga penghargaan pemain terbaik di dunia pernah didapat pemain bernama lengkap Ronaldo de Assis Moreira dalam kariernya 10 tahun di Eropa bersama tiga klub, PSG, Barcelona dan AC Milan.

Namun dari segudang gelar juara dan catatan individunya menaklukan Eropa, tak banyak yang ingat bahwa Ronaldinho mengawalinya dalam sebuah pertandingan resmi yang berlangsung pada 4 Agustus 2001.

Pertandingan itu adalah laga Ligue 1 Prancis antara AJ Auxerre vs PSG (Paris Saint-Germain) di Stadion Stadion Stade de l'Abbe-Deschamps.

Ronaldinho yang didatangkan PSG dari klub Brasil Gremio pada musim panas 2011 dengan harga 5 juta euro atau yang jika di konversi hanya seharga Rp 77,3 Miliar saat ini, memang tak turun sejak awal pertandingan.

Ronaldinho baru dipercaya menjalani debutnya pada menit ke-61, ketika dimasukan mengantikan Jose Da Silva Aloisio. Dengan menit bermain yang hanya sekitar 30 menit, Ronaldinho yang kala itu berusia 21 tahun, tak mampu membawa PSG menang. Pertandingan melawan Auxerre itu berakhir dengan kedudukan imbang 1-1.

Namun bagaimanapun pertandingan yang berlangsung 4 Agustus 2001 itu menjadi awal karier cemerlang Ronaldinho di Eropa. Diawali dari laga melawan Auxerre, Ronaldinho berhasil mencetak sembilan gol dan tujuah asist di musim perdananya bersama PSG. 

Sebelum akhirnya pada akhir musim keduanya, Ronaldinho mendapatkan pinangan Barcelona dengan mahar 32,25 juta euro atau Rp 495 miliar, jika merujuk pada kurs saat ini.

Bersama Barcelona, Ronaldinho mencapai puncak dalam kariernya. Pemain yang identik dengan nomor punggung 10 itu mampu mengoleksi 94 gol dari 207 pertandingan di seluruh ajang.

Torehan Ronaldinho itu juga membuat Barcelona merengkuh lima titel juara, yakni dua trofi LaLiga Spanyol, dua Piala Super Spanyol, dan satu gelar Liga Champions.