Bola Internasional

Laos Diduga Pemalsuan Umur di Piala AFF U-15, Pelatih Malaysia Enggan Protes

Minggu, 4 Agustus 2019 11:55 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Indra Citra Sena
© 24h.com.vn.
Pemain Timnas Laos u-15, Phomma Khotphouthone. Copyright: © 24h.com.vn.
Pemain Timnas Laos u-15, Phomma Khotphouthone.

INDOSPORT.COM - Turnamen Piala AFF U-15 2019 sedang diramaikan dugaan pemalsuan umur. Satu nama yang sedang diperbincangkan adalah kapten Timnas Timor Leste U-15, Paulo Domingos Gali da Costa Freitas.

Paulo Freitas diduga tidak berusia di bawah usia 15 tahun. Ia memiliki wajah dan bentu fisik yang tampak lebih tua dari usia seharusnya.

Beberapa jejak digital juga menemukan bahwa Paulo Freitas pernah membela Timnas Timor Leste senior di Piala AFF 2018. Dalam data situs resmi kejuaraan itu, Freitas berusia 22 tahun.

Selain Freitas, rupanya masih ada pemain lain yang juga diduga memalsukan usia, yakni bek timnas Laos U-15, Phomma Khotphouthone. Dengan tinggi yang jauh berbeda dengan rekan lainnya, ia diduga berusia 19 tahun.

"Menurut pendapat saya, Laos U-15 juga memiliki pemain yang terlalu tua untuk bermain di turnamen. Striker sepertinya berusia 18-19 tahun," kata pelatih timnas Malaysia U-15, Pachaiappan Maniam, dikutip dari 24h.com.vn.

"Meski begitu, saya pikir turnamen tidak membutuhkan acara berisik lain. Jadi, belum ada rencana untuk menuntut," imbuh Pachaiappan.

Malaysia sendiri gagal meraih kemenangan ketika menghadapi Laos di Chonburi Campus Stadium, Sabtu (3/8/19). Bahkan, mereka hampir kalah jika gol Thiphachan Khambai tidak disamakan oleh Vongsakda Chanthaleuxay.

Hasil itu membuat Malaysia kini berada di puncak klasemen sementara dengan perolehan 10 poin dari empat laga, sementara Laos tertahan di posisi empat dan telah dipastikan gagal lolos.