Bola Internasional

‘Dahului’ Indonesia, Vietnam Yakin Bisa Segera Melaju ke Piala Dunia

Senin, 5 Agustus 2019 18:03 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© Verdict
Trofi Piala Dunia. Copyright: © Verdict
Trofi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM – Timnas wanita Vietnam menyatakan keyakinannya untuk bisa berlaga di Piala Dunia Wanita 2023. Hal tersebut diutarakan setelah FIFA selaku induk federasi sepak bola dunia berencana menjadikan turnamen tersebut diikuti oleh 32 partisipan.

Sebelumnya, Piala Dunia Wanita 2019 yang masih diikuti oleh 24 negara peserta hanya memberikan jatah lima wakil Asia. Lima besar wakil Asia yang tampil pada Juni hingga Juli lalu ialah Australia, China, Jepang, Korea Selatan, dan Thailand.

Namun, dengan 32 partisipan, negara Asia tentu bisa mendapatkan jatah yang lebih banyak. Ini tentu bakal membuka jalan Timnas Wanita Vietnam yang kini menduduki peringkat keenam Asia.

Vietnam sendiri tak lolos ke Piala Dunia Wanita 2019 karena belum bisa menggeser Thailand di peringkat kelima Asia. Penambahan jumlah peserta bisa membuat mereka berkesempatan melawan negara kuat seperti Amerika Serikat dan Belanda.

Dilansir dari situs Bongda, Mai Duc Chung selaku pelatih timnas wanita Vietnam berharap agar FIFA cepat merealisasikan gagasan tersebut. Pasalnya, ia merasa bahwa negaranya punya potensi yang bagus dan suatu saat bisa diperhitungkan di kancah dunia.

Menanggapi hal di atas, Tran Quoc Quan selaku Vice Chairman VFF (federasi sepak bola Vietnam) juga berencana untuk membuat program jangka panjang jika dalam waktu dekat gagasan 32 peserta di atas diwujudkan.

Jika Vietnam bisa berpartisipasi di Piala Dunia Wanita 2023, mereka akan menjadi negara Asia Tenggara kedua yang bisa menembus ajang paling bergengsi tersebut setelah Thailand. Hal tersebut sekaligus mendahului Indonesia yang juga salah satu kompetitor regional.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%