Liga Indonesia

Gandeng PSS Sleman, LaLiga Ingin Cari ‘Messi-Messi Baru’ di Indonesia

Senin, 5 Agustus 2019 20:33 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ervan Tria/INDOSPORT
Delegasi LaLiga Spanyol untuk Indonesia, Rodrigo Gallego, bersama perwakilan Asprov PSSI DIY, Fajar Junaedi, dan Direktur Akademi PSS Sleman, Guntur Cahyo Utomo. Copyright: © Ervan Tria/INDOSPORT
Delegasi LaLiga Spanyol untuk Indonesia, Rodrigo Gallego, bersama perwakilan Asprov PSSI DIY, Fajar Junaedi, dan Direktur Akademi PSS Sleman, Guntur Cahyo Utomo.

INDOSPORT.COM – LaLiga Spanyol punya misi khusus di balik kerjasama dengan PSS Sleman. Sebagai salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia, mereka ingin mencari talenta-talenta muda di Indonesia yang nantinya bisa diorbitkan ke level internasional.

Delegasi LaLiga untuk Indonesia, Rodrigo Gallego, menjelaskan, Indonesia tak pernah kekurangan talenta-talenta muda di sepak bola. Oleh sebab itu, bibit-bibit muda Tanah Air tersebut harus dikembangkan dengan model pembinaan yang baik.

“Dua tahun lalu, ketika saya pertama kali datang ke Indonesia, sepak bola di sini belum berkembang sepesat sekarang. Sekarang semuanya bergerak lebih cepat. Sebelumnya kami bekerja di Jakarta, dan kini kami ingin memperluas ke wilayah lain,” kata Rodrigo dalam diskusi sepak bola yang digelar di Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (5/08/19).

Dalam acara bertajuk LaLiga Talks: Pengembangan Sepak Bola di Indonesia itu, turut hadir pula perwakilan klub PSS Sleman dan Asprov PSSI Yogyakarta.

Tak hanya menjelaskan tujuan kehadiran delegasi LaLiga Spanyol di Indonesia, Rodrigo juga mengungkapkan bahwa mereka bakal menjalin kerjasama dengan PSS Sleman dalam pengembangan pemain muda.

Ke depannya, LaLiga bakal berkolaborasi degan Akademi PSS Sleman dalam mencari talenta-talenta muda di Indonesia, khususnya di wilayah Yogyakarta.

“Kami sudah memikirkan proyek jangka panjang dengan PSS Sleman. Bentuknya bisa pencarian pemain-pemain muda yang nantinya bisa kami kirim ke Akademi LaLiga,” imbuh Rodrigo.

Rodrigo percaya, di Indonesia banyak pemain-pemain muda potensial. Namun terkadang, belum ada yang mencium talenta terpendam mereka karena berada di wilayah yang tidak terjangkau oleh akademi yang ada.

“Di dunia ini ada banyak (Lionel) Messi. Tidak hanya satu Messi. Tantangannya adalah bagaimana kita bisa menemukannya. Bisa saja dia pemain muda yang punya talenta, tapi tidak mendapatkan dukungan dari lingkungan dan keluarga,” tutur Rodrigo.

LaLiga Spanyol memilih PSS Sleman karena saat ini kontestan Shopee Liga 1 2019 itu telah memiliki struktur pembinaan pemain muda berjenjang. Klub yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo itu memiliki memiliki tiga tim usia muda berdasarkan kelompok umur, yakni tim U-16, U-18, dan juga U-20.