Liga Indonesia

Cari Lionel Messi Baru, LaLiga Terapkan Konsep La Masia di Indonesia

Selasa, 6 Agustus 2019 06:03 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Ervan Tria/INDOSPORT
Perwakilan LaLiga Spanyol, Rodrigo Gallego, dengan CEO PSS Sleman Viola Kurniawati bersama Asprov PSSI DIY. Copyright: © Ervan Tria/INDOSPORT
Perwakilan LaLiga Spanyol, Rodrigo Gallego, dengan CEO PSS Sleman Viola Kurniawati bersama Asprov PSSI DIY.

INDOSPORT.COM – Tak bisa dipungkiri, La Masia saat ini merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia. Akademi milik klub Barcelona itu telah terbukti melahirkan pemain-pemain kelas dunia semisal Andres Iniesta dan Lionel Messi.

Keberhasilan melahirkan pemain-pemain hebat yang diakui dunia membuat La Masia menjadi model utama dalam pembinaan sepak bola, khususnya bagi pemain muda. Konsep pengembangan pemain muda ala La Masia inilah yang diharapkan bisa diterapkan di Indonesia.

Keinginan untuk mengembangkan pemain-pemain muda Indonesia layaknya La Masia diungkapkan oleh perwakilan LaLiga untuk Indonesia, Rodrigo Gallego.

“Perkembangan sepak bola di Spanyol dimulai dari akar rumput dan fokus pada pembinaan pemain-pemain muda. Sebagai contoh adalah La Masia yang merupakan pusat sepak bola dengan performa tingkat tinggi,” tutur Rodrigo dalam acara diskusi sepak bola di Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (5/08/19).

Bagi Rodrigo, pemain-pemain hebat macam Lionel Messi dan Andres Iniesta bisa lahir karena mereka ditempa sejak usia muda. Selain diasah perihal teknis, pemain seperti Messi dan Iniesta juga dibekali pendidikan mental sejak dini agar mereka siap ketika terjun di kompetisi sesungguhnya.

“Messi dan Iniesta sudah berada di akademi (La Masia) sejak usia 12 tahun. Mereka bisa berada di level seperti sekarang karena sudah diasah sejak muda,” imbuh Rodrigo.

Salah satu langkah strategis yang dirancang LaLiga Spanyol untuk membantu perkembangan sepak bola Indonesia adalah bekerjasama dengan klub lokal, yakni PSS Sleman.

Ke depannya, PSS Sleman akan bekerjasama dengan pihak LaLiga dalam membina talenta-talenta muda yang ada di Indonesia melalui akademi sepak bola yang mereka miliki.

“Kami ingin membangun lingkungan yang baik dalam hal pembinaan pemain muda. Selain itu kami ingin memaksimalkan peran akademi sebagai pusat pengembangan sepak bola,” pungkas Rodrigo.