In-depth

Menyelami Skill Fachrudin Aryanto, Bek yang Bisa Jadi Solusi Atas Keroposnya Lini Belakang Persija

Selasa, 6 Agustus 2019 12:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© penawarta.com
Pemain Madura United Fachrudin Aryanto, Incaran Persija Jakarta. Foto: penawarta.com Copyright: © penawarta.com
Pemain Madura United Fachrudin Aryanto, Incaran Persija Jakarta. Foto: penawarta.com

INDOSPORT. COM - Fachrudin Aryanto, belakangan namanya mencuat sebagai bek yang diyakini bisa jadi solusi atas keroposnya lini belakang Persija Jakarta. Apakah skill yang dipunyainya cocok untuk mengemban tugas tersebut?

Persija Jakarta di perjalanan awal musim Liga 1 2019 sudah mulai membidik sosok untuk direkrut. Tim Macan Kemayoran kabarnya menginginkan jasa bek Madura United, Fachrudin Aryanto.

Kepentingan Persija Jakarta mengincar Fachrudin Aryanto adalah demi menambal kelemahan di lini belakang. Ferry Paulus, selaku CEO Persija Jakarta, bahkan juga sudah mulai mengusahakan proses negosiasi dengan pihak Fachrudin Aryanto.

"Rasanya saya punya keyakinan ketika nanti sama-sama tim pelatih melakukan evaluasi fokus utamanya ada di sektor pertahanan," ucap Ferry.

"Kemarin (Jumat) seharusnya bertemu, tapi tiba-tiba ada malapetaka Madura United kalah dari PSS Sleman," tandas pengusaha asal Manado tersebut.

Kalau secara data statistik, Persija Jakarta yang saat ini terdampar di zona degradasi, telah kemasukan 12 gol dari delapan laga. Angka ini jauh lebih buruk ketimbang tim Liga 1 2019 lainnya, PSM Makassar yang baru memainkan tujuh laga, tapi hanya kebobolan lima gol saja.

Padahal, Persija Jakarta musim lalu berhasil keluar sebagai juara Liga 1 2018 dengan status pertahanan terkokoh. Gawang Persija Jakarta hanya kebobolan 36 gol dari 34 laga, atau yang terbaik di antara tim-tim Liga 1 2018.

Andai Persija Jakarta memang benar jadi merekrut Fachrudin Aryanto, apakah sang pemain cocok untuk menjadi solusi atas keroposnya lini pertahanan tim? INDOSPORT pun coba menerkanya lewat ulasan berikut ini.

Postur Proposional

© Fitra Herdian/Indosport.com
Fachrudin Aryanto, Usai Kalah Lawan Persipura, Madura United Bertekad Ambil Poin Kandang. Copyright: Fitra Herdian/Indosport.comFachrudin Aryanto.

Fachrudin Aryanto sebagai bek nasional, tergolong memiliki postur tubuh yang proporsional. Berdasarkan data situs Transfermarkt saja, Fachrudin Aryanto disebutkan memiliki tinggi badan 185 cm.

Berkat postur tubuh seperti itu, Fachrudin Aryanto diyakini bisa menjadi sosok yang tangguh untuk urusan duel-duel udara. Belum lagi bila harus berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan, kekuatan fisik Fachrudin Aryanto diyakini akan sulit ditaklukan.

Kalau berkaca dari daftar bek-bek nasional yang sudah ada di skuat Persija Jakarta saat ini, tak ada yang memiliki postur seperti Fachrudin Aryanto. Ryuji Utomo memiliki postur 183 cm, dan bek senior Maman Abudurrahman hanya 177 cm.

Jam Terbang Internasional

© wap.vtvgo.vn
Fachrudin Aryanto dan Le Cong Vinh. Copyright: wap.vtvgo.vnFachrudin Aryanto dan Le Cong Vinh.

Nama Fachrudin Aryanto terbilang sudah cukup kenyang akan jam terbang internasional. Buktinya, berdasarkan data dari situs Transfermarkt, Fachrudin Aryanto sudah mengemas 35 penampilan bersama Timnas Indonesia.

Pengalaman Fachrudin Aryanto membela Timnas Indonesia, diyakini bisa menjadi nilai plus bagi dirinya. Fachrudin Aryanto telah terbiasa menghadapi lawan-lawan dari berbagai negara, dan mungkin faktor itu akan membuatnya lebih tenang dalam menghadapi tekanan.

Kalau menerka skuat Persija Jakarta saat ini, memang ada nama Maman Abdurrahman yang sudah mengemas 27 penampilan bersama Timnas Indonesia. Akan tetapi, harus disadari lagi, kalau Maman kini telah menginjak usia 37 tahun, yang mana sudah mendekati masa senja karier.

Jiwa Kepemimpinan

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Fachrudin Aryanto menjadi kapten bagi Timnas Indonesia saat melawan Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimFachrudin Aryanto menjadi kapten bagi Timnas Indonesia saat melawan Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Barisan lini belakang terkadang akan makin kokoh bila memiliki seorang pemimpin di dalamnya. Lihat saja di kancah sepak bola Eropa sana, sudah banyak contoh tim-tim yang memiliki pertahanan hebat berkat hadirnya seorang kapten di posisi bek.

Real Madrid punya Sergio Ramos dan mampu menjuarai Liga Champions tiga musim berturut. Chelsea pernah memiliki sosok John Terry di lini belakang yang mana berperan besar atas kesuksesan klub sedekade terakhir.

Fachrudin Aryanto pun kebetulan punya jiwa kepemimpinan tersebut. Musim lalu saja, Fachrudin Aryanto kerap beberapa kali ditunjuk untuk menjadi kapten tim dari Madura United.

Andai Persija Jakarta jadi merekrutnya, nama Fachrudin Aryanto mungkin akan bertindak sebagai pemimpin baru di lini belakang. Patut ditunggu, bagaimana kabar selanjutnya dari isu transfer ini, Fachrudin Aryanto berlabuh ke Persija Jakarta?