Liga Indonesia

Kolaborasi dengan LaLiga, PSS Sleman Targetkan Jadi Pemasok Pemain Timnas Indonesia

Selasa, 6 Agustus 2019 06:25 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Ervan Tria/INDOSPORT
Delegasi LaLiga Spanyol untuk Indonesia, Rodrigo Gallego, bersama perwakilan Asprov PSSI DIY, Fajar Junaedi, dan Direktur Akademi PSS Sleman, Guntur Cahyo Utomo. Copyright: © Ervan Tria/INDOSPORT
Delegasi LaLiga Spanyol untuk Indonesia, Rodrigo Gallego, bersama perwakilan Asprov PSSI DIY, Fajar Junaedi, dan Direktur Akademi PSS Sleman, Guntur Cahyo Utomo.

INDOSPORT.COM – Misi mulia diusung oleh PSS Sleman untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Demi Timnas Merah Putih, klub berjuluk Laskar Sembada itu bertekad membina talenta-talenta muda yang tersebar di penjuru Tanah Air.

Tidak main-main, PSS Sleman pun menggandeng LaLiga Spanyol dalam mencari dan mengembangkan bibit-bibit muda sepak bola Indonesia. Selanjutnya, mereka akan ditempa melalui pendidikan sepak bola di akademi klub yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo tersebut.

Kolaborasi antara PSS Sleman dengan pihak LaLiga itu dijabarkan dalam acara diskusi sepak bola yang digelar di Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (05/08/19).

“Acara ini penting karena kami bisa berkolaborasi dengan LaLiga. Tujuan kami adalah menciptakan pemain yang siap bermain di level tinggi. Tujuannya adalah tim nasional,” tutur Direktur Akademi PSS Sleman Guntur Cahyo Utomo.

Guntur yang juga merupakan eks asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 di era Indra Sjafri menjelaskan, keberadaan pemain berlabel timnas sangat penting dalam pembinaan sepak bola.

“Ketika ada pemain timnas, ada kebanggaan lokal. Tahun ini kami fokus pada pembangunan sistem sepak bola yang sehat. Tahun depan kami bisa bicara tentang pencapaian,” imbuh Guntur.

Ia mencontohkan, saat ini ada satu pemain Akademi PSS Sleman yang sukses menembus Timnas Indonesia U-18 yang berlaga di ajang Piala AFF U-18 2019 di Vietnam, yakni Saddam Emiruddin Gaffar.

“Ini adalah awal yang bagus karena kami ternyata bisa menyumbang pemain untuk timnas,” tegasnya.

Sementara itu, pihak LaLiga Spanyol yang diwakili oleh delegasi untuk Indonesia, Rodrigo Gallego, menyambut baik kolaborasi dengan PSS Sleman.

“Tujuan kami adalah kerjasama jangka panjang. Kami akan berfokus pada proses pencarian talenta dan memberikan pengalaman sepak bola terbaik pada pemain-pemain muda,” kata Rodrigo.

Saat ini, PSS Sleman telah memiliki akademi sepak bola yang menaungi tiga tim kelompok umur, yakni tim U-16, U-18, dan U-20. Dengan menggandeng LaLiga, pemain-pemain muda itu diharapkan bisa berkontribusi untuk tim utama Laskar Sembada dan tentunya Timnas Indonesia di masa mendatang.