Liga Indonesia

Indonesia Incar Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Yogyakarta Siapkan 2 Stadion Terbaik

Selasa, 6 Agustus 2019 07:37 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Zaenal Hasan/INDOSPORT Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Zaenal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Langkah Indonesia untuk mengikuti pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang rupanya tidak main-main. Kini, stadion-stadion terbaik di Tanah Air tengah disiapkan untuk menggelar event besar tersebut.

Awal Juli lalu, FIFA telah mengkofirmasi bahwa Indonesia resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Langkah Indonesia mengikuti proses bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 mendapat dukungan dari Asprov PSSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dukungan itu diungkapkan oleh Ketua Umum Asprov PSSI DIY Syauqi Soeratno. Syauqi menyebutkan, Yogyakarta telah menyiapkan dua stadion yang bakal diajukan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.

“Benar bahwa Indonesia mengikuti bidding Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 mendatang. Tanggal 7 Agustus nanti akan ada tim verifikasi stadion di DIY. Ada 2 stadion yang paling siap,” papar Syauqi di sela-sela acara LaLiga Talks: Pengembangan Sepak Bola di Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (05/08/19).

Guna mempersiapkan venue yang diproyeksikan menggelar Piala Dunia U-20, Asprov PSSI DIY akan bertemu dengan Pemerintah Provinsi DIY. Menurut Syauqi, dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan dalam proses pencalonan tuan rumah tersebut.

“Untuk menggelar Piala Dunia, FIFA mengharuskan semua stadion penyelengara pertandingan harus single seat. Sebelum tanggal 7 kami akan menghadap Pemprov karena kami butuh kolaborasi dengan pemerintah dan pengelola sepak bola,” imbuhnya.

Seperti diketahui, PSSI memang telah mendapatkan lampu hijau dari FIFA untuk mengikuti proses pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Dalam proses pencalonan tersebut, Indonesia bersaing dengan Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab yang maju sebagai tuan rumah bersama. Penentuan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 akan dilakukan dalam pertemuan FIFA di Shanghai, China, pada tanggal 23-24 Oktober yang akan datang.