Bola Internasional

3 Rahasia di Balik Keberhasilan Timnas Indonesia U-15 Juara Tiga di Piala AFF U-15 2019

Jumat, 9 Agustus 2019 19:03 WIB
Editor: Juni Adi
© pssi.org
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia U-15. Copyright: © pssi.org
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia U-15.

INDOSPORT.COM - Gelaran turnamen sepak bola kelompok umur antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF U-15 2019 yang diselenggarakan di Thailand telah memasuki babak akhir. Berikut beberapa fakta menariknya.

Dua tim yang berhasil melaju ke final adalah Thailand vs Malaysia dan akan bertanding pada Jumat (09/08/19) pukul 18:00 WIB di IPE Stadium.

Namun sebelum laga puncak berlangsung, lebih dahulu digelar perebutan juara ketiga antara Timnas Indonesia U-15 vs Vietnam yang baru saja usai.

Skuat asuhan Bima Sakti berhasil keluar sebagai pemenangan dan merebut peringkat ketiga, setelah menang 3-2 atas Vietnam melalui adu penalti. Sebelumnya, kedua tim hanya bermain imbang 0-0 hingga 90 menit dan babak tambahan.

Usai pertandingan, terdapat sejumlah rahasia-rahasia menarik di balik kemenangan Timnas Indonesia U-15 tersebut. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Timnas Indonesia U-15 Tak Terkalahkan

Sebelum meraih peringkat ketiga, Timnas Indonesia U-15 terlebih dahulu harus berjuang di babak penyisihan Grup A, tergabung bersama Vietnam, Timor Leste, Singapura, Myanmar dan Filipina.

Masuk grup yang relatif lebih mudah, Skuat Garuda Nusantara tak menemui kesulitan berarti. Dari lima pertandingan, mereka tak sekalipun merasakan kekalahan (4 Menang, 1 Imbang).

Merselino Ferdinan dan kolega pun berhak lolos ke babak gugur dengan status juara grup mengoleksi 13 poin, diikuti oleh Vietnam di posisi runner-up grup dengan 12 poin,

2. Pemain Indonesia Gagal Merebut Top Skor

Timnas Indonesia menjadi salah satu tim yang cukup produktif dalam gelaran Piala AFF U-15 2019 ini. Hal itu juga tidak lepas dari salah satu peran striker tajam mereka, Marselino Ferdinan.

Pemain asal Flores itu bahkan masuk dalam bursa persaingan peraih gelar top skor. Namun sayang, hingga turnamen hampir selesai dirinya gagal menggeser striker Timor Leste, Paulo Domingos Freitas.

Domingos Freitas saat ini memimpin daftar top skor dengan koleksi 7 gol, sementara Marselino menguntit dengan 5 gol. Dirinya bisa saja menambah pundi golnya, karena masih mempunyai dua pertandingan setelah Timor Leste tersingkir.

Sayang, dirinya gagal mencetak gol ke gawang Thailand di semifinal dan Vietnam di perebutan peringkat ketiga. Kini peluang besar sepatu emas direbut oleh penyerang Thailand, Thipphachan Khambai One dan pemain Malaysia Muhammad Nabil Qayyum Zainuddin.

3. Dua Kali Kalahkan Vietnam

Sebelum bertemu Vietnam di perebutan peringkat ketiga, Timnas Indonesia U-15 sudah lebih dahulu bertemu mereka di babak penyisihan grup A. Hasilnya. Vietnam dikalahkan dengan skor 2-0 lewat gol Muhammad Valeron dan Marselino Ferdinan.

Namun, Skuat Garuda Asia gagal mengulang sukses itu di perebutan juara ketiga, karena hanya bisa bermain imbang 0-0, sebelum akhirnya menang melalui adu penalti dengan skor 3-2.