In-depth

Pilih Meninggalkan Indonesia, Bagaimana Kini Nasib Para Pemain Asing Jebolan Liga 1 2018? (Part 1)

Sabtu, 10 Agustus 2019 16:58 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Liga 1 2018 hampir setahun berlalu, tapi kenangan terkait para pemain asing yang telah meninggalkan Indonesia masih begitu membekas. Bagaimana nasib mereka kini?

Bagi kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, fenomena pemain asing memang sudah menjadi hal yang biasa. Para klub Liga 1 terus berusaha mengisi susunan skuatnya dengan maskimal empat pemain asing berkualitas.

Gelaran Liga 1 musim lalu pun demikian. Kehadiran pemain-pemain asing mampu menambah semarak kompetisi yang akhirnya dimenangkan oleh Persija Jakarta.

Akan tetapi, bagi sejumlah pemain asing, Liga 1 2018 ibarat sebuah tempat singgah saja. Buktinya, selepas kompetisi berakhir, mereka memutuskan meninggalkan Indonesia dan melanjutkan karier di luar negeri.

Setelah hampir setahun berlalu, nama-nama pemain asing Liga 1 2018 yang kini telah hilang dari peredaran sepak bola nasional, terkadang masih dirindukan kehadirannya. INDOSPORT lantas coba memberikan rangkuman terkait kabar terkini para pemain asing jebolan Liga 1 2018 yang saat ini sudah meninggalkan Indonesia. Berikut ulasannya!


Persija Jakarta

- Ivan Carlos

© Media Persija
Ivan Carlos gagal menciptakan gol ke gawang Mitra Kukar. Copyright: Media PersijaIvan Carlos gagal menciptakan gol ke gawang Mitra Kukar.

Persija Jakarta sejak musim lalu dan hingga kini, terkenal dengan sosok penyerang asing asal Kroasia, Marko Simic. Tapi, ingatkah kalian jika di Liga 1 2018 Persija Jakarta juga sempat pernah dibela bomber asal Brasil bernama Ivan Carlos?

Pada Januari 2018, Ivan Carlos didatangkan Persija Jakarta dari Persela Lamongan. Sayangnya, kehadiran Carlos tak bisa begitu dirasakan oleh skuat Macan Kemayoran di Liga 1 2018.

Sosok Carlos harus menepi cukup lama akibat cedera kaki yang dialaminya. Ia baru bisa merumput saat Liga 1 2018 telah memasuki pekan ke-14.

Setelah mencatat tiga penampilan, Carlos akhirnya didepak Persija Jakarta pada Liga 1 putaran kedua. Carlos pun kemudian melanjutkan kariernya dengan membela klub asal Siprus, Alki Oroklini.

Pada Juli 2019, Carlos kembali berpindah klub. Masih berkutat di kancah sepak bola Siprus, sejak 1 Juli 2019 Carlos tercatat bergabung dengan AEL Limassol.

- Addison Alves

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Addison Alves, mulai dari Persija hingga main di tarkam. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTAddison Alves, mulai dari Persija hingga main di tarkam.

Persija Jakarta masih punya satu penyerang asing lagi musim lalu. Putaran pertama Liga 1 2018, Persija Jakarta dibela oleh bomber asal Brasil, Addison Alves.

Namun, kebersamaan Addison hanya bertahan separuh musim saja. Memasuki putaran kedua, Addison dilepas ke Persipura Jayapura dan bermain di sana hingga akhir musim.

Selepas gelaran Liga 1 2018 berakhir, Addison memilih meninggalkan Indonesia. Secara mengejutkan, Addison yang kini telah berusia 38 tahun, sudah menyatakan gantung sepatu dan fokus mengambil lisensi kepelatihan.

PSM Makassar

- Sandro

© PSM Makassar
Alessandro Ferreira Leonardo membawa bola ke arah gawang Persela Lamongan. Copyright: PSM MakassarAlessandro Ferreira Leonardo membawa bola ke arah gawang Persela Lamongan.

PSM Makassar musim lalu diperkuat oleh seorang bomber Brasil keturunan Hong Kong bernama Alessandro Ferreira Leonardo. PSM Makassar merekrut Sandro sekitar bulan Juli 2018 dan diharapkan bisa menjadi juru gedor handal di lini depan.

Sayangnya, Sandro hanya bisa mencetak empat gol saja dari 11 penampilannya. Sandro pun kemudian dilepas manajemen PSM Makassar setelah Liga 1 2018 berakhir.

Sosok Sandro sendiri yang kini berusia 32 tahun, kini melanjutkan kariernya ke negeri Hong Kong. Berdasarkan data situs Transfermarkt, sejak bulan Febuari lalu ia membela klub lokal di sana, Tai Po FC.

- Bruce Djite

© Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Bruce Djite mencoba tetap mengontrol bola. Copyright: Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORTBruce Djite mencoba tetap mengontrol bola.

Sebelum Sandro masuk, PSM Makassar memiliki penyerang asing asal Australia, Bruce Djite. Sosok Djite sangat diandalkan PSM Makassar sejak Liga 1 2018 putaran pertama. 

Namun, catatan Djite hanya mampu bermain dalam sembilan laga dan nihil gol. Alhasil, Djite dilepas PSM Makassar pada akhir Juli 2018.

PSM Makassar ternyata menjadi klub terakhir dalam karier sepak bola Djite. Pasalnya, pasca meninggalkan PSM, Djita tak pernah bergabung dengan klub manapun lagi dan pada 23 April 2019 lalu menyatakan pensiun dari arena lapangan hijau.

Bhayangkara FC

- Nikola Komazec

© Fitra Herdian/INDOSPORT.COM
Nikola Komazec (Bhayangkara FC) Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORT.COMNikola Komazec (Bhayangkara FC)

Putaran pertama Liga 1 2018, Bhayangkara FC yang berstatus sebagai juara bertahan coba mencari pengganti bomber asing Ilija Spasojevic yang hijrah ke Bali United. Bhayangkara FC pun mengandalkan nama pemain asing asal Serbia, Nikola Komazec.

Sayang, kebersamaan Bhayangkara FC dengan Nikola Komazec hanya bertahan setengah musim saja. Pada putaran kedua, Bhayangkara FC melepas Nikola Komazec setelah hanya mampu mencetak dua gol dari 12 laga.

Selepas dari Bhayangkara FC, Nikola Komazec tak pernah kembali lagi ke Indonesia. Ia pun hingga kini tercatat menjalani karier bersama klub Hong Kong, Southern District.

- Elio Martins

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Fabiano Beltrame menjaga pergerakan Elio Martins Bruno. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTFabiano Beltrame menjaga pergerakan Elio Martins Bruno.

Nikola Komazec pergi, Bhayangkara FC dengan cepat mencari pengganti. Bhayangkara FC lantas merekrut penyerang asal Portugal, Elio Martins.

Sosok Elio Martins yang berpengalaman membela PS TNI di Liga 1 2017, ternyata juga gagal tampil menawan. Elio Martins hanya bisa mencetak tiga gol dari 10 penampilan.

Alhasil Elio Martins didepak Bhayangkara FC pada akhir musim Liga 1 2018. Elio Martins pun kini melanjutkan karier bersama klub gurem Portugal, Uniao Madeira.