Liga Indonesia

Pilih Meninggalkan Indonesia, Bagaimana Kini Nasib Para Pemain Asing Jebolan Liga 1 2018? (Part 2)

Minggu, 11 Agustus 2019 17:26 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Edisi nostalgia para pemain asing jebolan Liga 1 2018 yang sudah meninggalkan Indonesia, kembali berlanjut.

Ya, kisah yang dialami para pemain asing di Liga 1 2018 memanglah beragam. Ada yang hingga kini tetap bertahan di Indonesia, ada pula yang memilih langsung hijrah ke negara lain.

Bagi mereka yang tetap merumput di Indonesia, kabarnya jelas masih bisa dilacak. Namun, bagi yang sudah melanglang buana ke negara lain, kabar terkininya tentu sudah sulit untuk diketahui.

Apalagi para pemain asing yang di Liga 1 2018 sempat sangat menjadi idola bagi para pendukung klubnya masing-masing. Keberadaan mereka mungkin hingga kini masih dirindukan dan diharapkan bisa kembali.

Pada ulasan kali ini, redaksi berita olahraga INDOSPORT pun akan coba memberikan rangkuman soal kabar terkini dari para pemain asing Liga 1 2018 yang sudah meninggalkan Indonesia. Bagaimana kira-kira kabar terkini mereka saat ini?


Borneo FC

- Marlon Silva

Marlon Da Silva Copyright: Instagram@borneofc.idMarlon Da Silva

Marlon Silva, namanya sempat menghiasi skuat Borneo FC di Liga 1 2018. Penyerang asal Brasil itu direkrut Borneo FC dari Persiba Balikpapan pada 1 Januari 2018.

Namun, kebersamaan Marlon Silva dengan Borneo FC tak bertahan sampai semusim. Pada bulan Juli 2018, Marlon Silva didepak oleh manajemen Borneo FC.

Pasca dilepas Borneo FC, Marlon Silva tak pernah sekalipun kembali lagi ke Indonesia. Sempat membela klub Siprus, Alki Oroklini, Marlon Silva pada tahun 2019 memilih berkarier di Thailand bersama Ubon United.

- Renan Alves

© Fox Sports
Renan da Silva Alves, bek yang sempat membela Borneo FC di Liga 1 2018. Copyright: Fox SportsRenan da Silva Alves, bek yang sempat membela Borneo FC di Liga 1 2018.

25 Juli 2018, Borneo FC mendatangkan seorang bek tengah asal Brasil, Renan Alves. Sosok Renan jauh-jauh didatangkan Borneo FC dari klub Meksiko, Murcielagos.

Kiprah Renan Alves di lini belakang Borneo FC mampu menghasilkan dua gol serta satu assists. Renan Alves juga berperan dalam keberhasilan Borneo FC mengakhiri musim di peringkat tujuh klasemen Liga 1 2018.

Meski demikian, Renan Alves tak bertahan bersama Borneo FC di Liga 1 2019. Ia kini memilih membela klub Malaysia, Kedah FA.

- Tijani Belaid

© Twitter/@PusamaniaBorneo
Gelandang Tijani Belaid berduel dengan Rizki Pellu dalam partai Borneo FC vs PSM Makassar di Liga 1, Jumat (19/10/18). Copyright: Twitter/@PusamaniaBorneoGelandang Tijani Belaid berduel dengan Rizki Pellu dalam partai Borneo FC vs PSM Makassar di Liga 1, Jumat (19/10/18).

Sosok Tijani Belaid merapat ke Borneo FC pada 2 Agustus 2018. Belaid didatangkan dari klub asal Tunisia, Club Africain, dengan status pemain pinjaman.

Setengah musim bersama Borneo FC, Belaid tampil dalam 13 laga dan mencetak satu gol serta tiga assits. Usai Liga 1 2018 berakhir, Belaid langsung dikembalikan Borneo FC ke klub asalnya.

Gelandang berkebangsaan Tunisia pun pada tahun 2019 ini sudah tak lagi menghiasi kancah sepak bola Indonesia. Ia kini berkarier bersama klub Bahrain, Al-Muharraq.

- Azamat Baimatov

© Instagram Pengamat Sepakbola
Kapten Timnas Kyrgyzstan, Azamat Baimatov, resmi ke Borneo FC. Copyright: Instagram Pengamat SepakbolaKapten Timnas Kyrgyzstan, Azamat Baimatov, resmi ke Borneo FC.

Hari pertama tahun 2018, Borneo FC resmi mendatangkan seorang bek asal Kyrgyzstan, Azamat Baimatov. Sosoknya didatangkan Borneo FC dari klub Bahrain, Al-Riffa SC.

Nama Azamat Baimatov ternyata hanya setengah musim saja mendapatkan kesempatan bermain di skuat Borneo FC. Usai penampilan terakhirnya di laga Liga 1 2018 pekan ke-14 kontra Perseru Serui, sosok Azamat Baimatov tak pernah dipakai lagi oleh Borneo FC hingga akhir musim.

Pada tahun 2019 ini, Azamat Baimatov sudah tak lagi berada di Indonesia. Ia memilih melanjutkan karier ke klub kampung halamannya, Azamat Baimatov.

- Julien Faubert

© Instagram/@faubert_julien _18
Gelandang Borneo FC Julien Faubert. Copyright: Instagram/@faubert_julien _18Gelandang Borneo FC Julien Faubert.

Bulan Januari 2018, Borneo FC melakukan sebuah gebrakan besar di bursa transfer. Borneo FC dengan berani mendatangkan eks penggawa Real Madrid, Julien Faubert.

Namun, nama besar Julien Faubert tak bertahan lama di Borneo FC. Pada bulan Juli 2018, Julien Faubert terpaksa harus dilepas manajemen klub.

Kabar teranyar, Julien Faubert harus menganggur selama setahun setelah dilepas Borneo FC. Namun, ia kini akhirnya punya klub baru, yakni penghuni kasta bawah Liga Prancis, Fréjus-Saint-Raphaël FC.

Madura United

- Milad Zeneyedpour

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Milad Zeneyedpour dan Mamadou Samassa saat melawan Madura FC di Piala Indonesia. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMilad Zeneyedpour dan Mamadou Samassa saat melawan Madura FC di Piala Indonesia.

Seorang winger asal Iran didatangkan Madura United pada 1 Agustus 2018. Milad Zeneyedpour, direkrut Madura United dari klub Iran, Gostaresh FC.

Kehadiran Milad ternyata tak mampu memberikan peran yang cukup besar bagi Madura United. Ia hanya bisa mencetak satu gol dari total 13 kali penampilannya.

Alhasil, pada awal tahun 2019, Milad memilih meninggalkan Madura United. Ia pun kini bergabung dengan klub Malaysia, UKM FC.

- Nuriddin Davronov

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Nuriddin Davronov berusaha merebut bola dari kaki Marko Kabiay. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTNuriddin Davronov berusaha merebut bola dari kaki Marko Kabiay.

Butuh penyeimbang lini tengah baru, Madura United di awal musim Liga 1 2018 mendatangkan seorang gelandang asal Tajikistan, Nuriddin Davronov. Sosok Nuriddin Davronov direkrut dari klub Istiqlol FC dengan status bebas transfer.

Peran Nuriddin Davronov di skuat Madura United ternyata hanya bertahan setengah musim saja. Setelah tampil dalam 15 laga dan mencetak satu gol, Nuriddin Davronov dilepas manajemen Madura United.

Setelah pergi dari Madura United, Nuriddin Davronov ternyata cukup lama menganggur. Nuriddin Davronov baru mendapatkan klub lagi pada 1 Januari 2019, dan itupun kembali ke klub lamanya, Istiqlol.

Barito Putera

- Matias Cordoba

© Instagram
Matias Cordoba Isyaratkan Hengkang dari Barito Putera Copyright: InstagramMatias Cordoba Isyaratkan Hengkang dari Barito Putera

Nama Matias Cordoba di Liga 1 2018 menjadi andalan bagi lini tengah Barito Putera. Ia tampil dalam 33 pertandingan dan mencetak lima gol serta lima assists.

Usai Liga 1 2018 berakhir, Cordoba tak lagi menjadi bagian dari skuat Barito Putera. Ia memutuskan meninggalkan arena lapangan hijau dan gantung sepatu.

- Douglas Packer

© Twitter@GoJekLiga1
Douglas Packer Copyright: Twitter@GoJekLiga1Douglas Packer

Nama Douglas Packer menjadi andalan bagi lini serang Barito Putera di Liga 1 2018. Ia mampu mencetak 12 gol dalam 31 kali penampilan.

Namun, ketika gelaran Liga 1 2018 usai, Packer memutuskan untuk meninggalkan Barito. Ia lantas hijrah ke klub Brasil, Remo, dan kini sudah pindah lagi menuju Liga Malta.

-

© Instagram/Galery_Persipura
Marcel Silva Sacramento latihan perdana bersama Persipura Copyright: Instagram/Galery_PersipuraMarcel Silva Sacramento latihan perdana bersama Persipura

Sosok Marcel Sacramento merupakan tumpuan lini depan Barito Putera di Liga 1 2018. Ia mampu mencetak 12 gol dalam 30 kali penampilannya untuk Barito Putera.

Selepas Liga 1 2018 berakhir, Marcel memutuskan untuk meninggalkan Barito. Ia pun kini sedang menjalani karier bersama klub Irak, Erbil SC.