Liga Indonesia

Persija Jakarta Masuk Zona Degradasi, Teco Berikan Semangat

Senin, 12 Agustus 2019 08:08 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yohanes Ishak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

INDOSPORT.COM - Situasi Persija Jakarta pada awal musim Shopee Liga 1 2019 benar-benar tak menguntungkan. Berstatus sebagai juara bertahan, tim Macan Kemayoran untuk sementara malah masuk zona degradasi.

Sembilan pertandingan sudah dijalani Persija Jakarta. Hasilnya, Persija baru sekali meraih kemenangan. Lima laga lain berakhir imbang dan tiga kali menelan kekalahan. 

Situasi ini jauh diluar dugaan, apalagi skuat utama Persija tak banyak berubah. Tercatat, dari skuat inti, Persija kehilangan Jaimerson Xavier yang hengkang ke Madura United.

Ketiadaan sosok pelatih Stefano Cugurra Teco boleh dikatakan merupakan kehilangan terbesar Persija. Pelatih asal Brasil itu sukses mempersembahkan gelar Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018 untuk tim Ibu Kota Indonesia.

Kini, Teco meraih hasil bagus bersama tim barunya, Bali United. Dari 12 pertandingan, Bali United mendapatkan sembilan kemenangan, sekali seri dan baru dua kali menelan kekalahan. Satu kemenangan di antaranya didapat setelah mengalahkan Persija Jakarta 1-0.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Aksi selebrasi pemain Bali United melawan Semen Padang. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTBali United mampu tampil impresif dibawah arahan Stefano Cugurra Teco.

Meski jadi bagian Bali United, Teco masih memantau Persija. Pemantauan ini bukan berarti Teco kangen melatih Persija. Sejak awal, Persija memang dianggap sebagai salah satu pesaing berat. Selain itu, Teco punya banyak teman di tim Macan Kemayoran.

"Lebih bagus saya tidak bicara mengenai kondisi Persija, karena saya sudah tidak disana sekarang," ucap Teco kepada INDOSPORT di Lapangan Samudra, Legian, Kuta, Badung, Minggu (11/08/19) kemarin.

"Tapi saya punya banyak teman di Persija. Saya cuma bilang, harus tetap semangat untuk keluar dari situasi kurang bagus ini," lanjut Teco.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco pun meyakini jika mantan tim besutannya, Persija akan keluar dari zona degradasi. Apalagi deretan bekas anak asuhnya masih memperkuat Persija Jakarta.

"Mereka punya kualitas bagus untuk bisa keluar dari situasi ini," tutur Teco.

Saat ini, Persija Jakarta berada di zona degradasi klasemen sementara Shopee Liga 1 Indonesia 2019, menempati urutan ke-17 dengan 8 poin dari 9 pertandingan, sedangkan Bali United diurutan kedua dengan raihan 28 poin dari 12 laga.