Liga Indonesia

Dari Cadangan hingga Dapat Kepercayaan Teco, Ini Rahasia Gunawan Dwi Cahyo

Selasa, 13 Agustus 2019 10:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yohanes Ishak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Bali United, Gunawan Dwi Cahyo. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Bali United, Gunawan Dwi Cahyo.

INDOSPORT.COM - Gunawan Dwi Cahyo semakin nyaman dalam skuat utama Bali United. Dalam tiga partai terakhir Shopee Liga 1 2019, bek asal Jepara memberikan kontribusi maksimal.

Gunawan sempat kesulitan menembus skuat utama Bali United. Dalam sembilan partai awal, tercatat Gunawan hanya main tiga kali sebagai pemain pengganti.

Namun memasuki pekan kesepuluh di Shopee Liga 1 Indonesia 2019, Gunawan justru mendapat kepercayaan penuh. Dalam laga melawan Persib Bandung, PSM Makassar dan Semen Padang, Gunawan tak tergantikan. Dia mencatatkan 270 menit bermain, tanpa memperoleh kartu dari wasit.

Kontribusi positif membuat Gunawan mulai dielu-elukan suporter Bali United. Gunawan dianggap cocok ditandemkan dengan bek tangguh asal Brasil, Willian Pacheco.

Kepada INDOSPORT, Gunawan membocorkan kunci bisa tampil konsisten. Dia mengaku tak kecewa saat kesulitan dapat kesempatan pada sembilan laga awal. Suami Okie Agustina ini tetap kerja keras latihan.

"Namanya sepak bola, kadang main, kadang nggak. Kadang di atas, kadang di bawah. Kita tidak tahu bagaimana kedepannya. Terpenting sebagai pemain kita profesional, selalu mempersiapkan kondisi terbaik," ucap Gunawan.

Bagi Gunawan, menjaga kondisi tetap prima sangat penting. Apalagi pelatih Stefano Cugurra Teco memberikan kesempatan sama pada semua pemain di Bali United. 

"Kita tidak tahu kapan kesempatan main itu datang. Kalau nggak main, kita harus tetap berlatih keras, harus tambah latihan. Dengan begitu, ketika kesempatan datang, kita bisa kasih yang terbaik," tuturnya.

Gunawan punya kans diturunkan lagi saat Bali United melawan TIRA Persikabo, 15 Agustus 2019. Ketangguhan Gunawan dibutuhkan untuk menandingi ketajaman TIRA Persikabo. Tuan rumah mencatatkan 31 gol dalam 13 pertandingan.