Liga Indonesia

3 Kiper yang Dikabarkan Siap Merapat ke Persib Bandung di Putaran Kedua Liga 1 2019

Rabu, 14 Agustus 2019 09:51 WIB
Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Starting eleven Persib Bandung menghadapi Kalteng Putra dilaga kandang Shopee Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16/07/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Starting eleven Persib Bandung menghadapi Kalteng Putra dilaga kandang Shopee Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (16/07/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persib Bandung tengah mencari sosok kiper tangguh baru untuk memperbaiki performa mereka di putaran kedua Liga 1 2019. Beberapa nama pun disebut-sebut akan segera merapat.

Persib Bandung tampil mengecewakan Liga 1 musim 2019 ini. Bagaimana tidak, hingga pekan ke-13 ini mereka masih berkutat di papan tengah, dan baru meraih tiga kali kemenangan dari 13 pertandingan yang sudah dilakoninya.

Alhasil Persib tertahan di peringkat ke-11 dengan koleksi 14 poin. Rentetan hasil buruk ini juga tidak lepas dari buruknya lini belakang mereka, karena telah kebobolan 19 gol dan baru mencetak 13 gol.

Kehilangan kiper utama, Deden Natshir yang mengalami cedera panjang, disebut-sebut jadi salah satu alasan gawang Persib mudah bergetar.

Dua kiper cadangan yang diplot sebagai pengganti peran Deden, I Made Wirawan dan Aqil Savik juga tak mampu menjadi tembok pertahanan terakhir yang kokoh untuk Persib.

I Made telah kebobolan 9 gol dari 10 kali dimainkan oleh pelatih Robert Rene Alberts, dan mencatat 3 kali clean sheet. Sementara Aqil, kebobolan 6 kali dari 2 pertandingannya di Liga 1. 

Statistik tersebut membuat manajemen Pangeran Biru geram. Mereka bahkan diklaim telah siap mengambil ancang-ancang untuk aktif di bursa transfer paruh musim nanti yang akan mulai dibuka pada 19 Agustus 2019 mendatang.

Sudah ada beberapa nama kiper yang saat ini dirumorkan akan segera merapat ke tim asal Kota Kembang itu. Berikut ulasannya:

1. Yoo Jae-hoon

© kaltimpost
Yoo Jaehoon Copyright: kaltimpostYoo Jae-hoon saat latihan kiper bersama Mitra Kukar.

Kiper asal Korea Selatan, Yoo Jae-honn masuk dalam daftar rumor yang akan direkrut oleh Persib Bandung untuk putaran kedua nanti. Pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi ini juga baru saja dilepas oleh Barito Putera.

Ia didatangkan pada awal musim sebelum Liga 1 2019 bergulir dari klub sebelumnya, Mitra Kukar. Namun setengah musim memperkuat Laskar Antasari, Yoo Jae-hoon hanya diturunkan satu kali pertandingan saja.

Kiper berusia 36 tahun itu kalah bersaing dengan dua penjaga gawang Barito Putera, Aditya Harlan dan M Riyandi. Tak ingin membusuk di bangku cadangan, membuat dirinya memilih untuk pergi.

Beluma ada kabar terbaru kemana pelabuhan Yoo Jae-hoon selanjutnya. Persib Bandung yang tengah mencari kiper baru, terus dihubung-hubungkan dengannya.

Andai sang pemain merapat ke Persib, tim kebanggan Bobotoh itu dipastikan harus melepas salah satu pemain asing Asia mereka, karena Yoo Jae-hoon masih berstatus sebagai warga negara Korea Selatan.

2. Alfonsius Kelvan

© INSTAGRAM/BALIUNITED
Caption Copyright: INSTAGRAM/BALIUNITEDAlfonsius Kelvan saat memperkuat Bali United.

Salah satu kiper yang juga tengah dalam status bebas tranfer adalah Alfonsius Kelvan. Penjaga gawang mualaf itu baru saja dilepas oleh Borneo FC, setelah dirinya mengajukan permohonan mundur ke manajemen Pesut Etam.

Padahal, Alfonsius kerap kadang diturunkan oleh pelatih Mario Gomes meski berlabe sebagai kiper cadangan dari Nadeo Argawinata.

Penjaga gawang berusia 30 tahun itu tampil dalam dua pertandingan, dan salah satunya sebagai starting eleven. Dandri Dauri selaku manajer menjelaskan kondisi itu.

"Karena semua kan ada durasi kontrak. Kalaupun itu terjadi, berarti itu permintaan dari pemain yang bersangkutan, bukan dari manajemen," imbuh dia.

Kepergian Alfonsius Kevlan dari Borneo FC, langsung disambut baik oleh para penggemar Persib, Bobotoh yang sadar tim kesayangannya tengah mencari sosok kiper baru.

Sebagian dari mereka bahkan membanjiri kolom komentar postingan Alfons di laman Instagram pribadinya, dengan nada mengajaknya merapat ke Persib.

3. Jacopo Viola

© https://www.instagram.com/jacopoviola_gk/
Jacopo Viola, Eks Kiper AC Milan yang Dikaitkan ke Persib Bandung. Copyright: https://www.instagram.com/jacopoviola_gk/Jacopo Viola, Eks Kiper AC Milan yang Dikaitkan ke Persib Bandung.

Nama mantan pemain AC Milan, Jacopo Viola juga masuk dalam daftar rumor kiper baru Persib Bandung, setelah manajemen secara terang-terangan ingin mendatangkan kiper dari luar negeri. 

Pihak Jacopo Viola sendiri sudah memberikan lampu hijau untuk Persib Bandung. Ia sangat senang kalau sampai benar pihak Maung Bandung mau merekrutnya.

"Saya merasa terhormat bahwa salah satu klub besar di belahan dunia lain tertarik dengan profil saya. Saya benar-benar dapat mempertimbangkan proposal dari klub Indonesia, terutama dari Persib Bandung,"

"Jika dihubungi, saya tentu bersedia membahas masalah kontrak," ujar Jacopo Viola kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Jacopo Viola merupakan penjaga gawang AC Milan usia muda pada periode musim 2013/14 lalu. Dirinya bahkan sempat promosi ke skuat AC Milan U-19, setelah dianggap tampil mengesankan di AC Milan Youth.

Kiper berusia 23 tahun itu bisa saja didatangkan Persib, mengingat Viola saat ini tak memiliki klub setelah tak mendapatkan perpanjangan kontrak dari klub papan bawah Italia, AC Gozzano.

IDS Emoticon Suka
Suka
24%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
40%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
16%
IDS Emoticon Takut
Takut
4%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
8%
IDS Emoticon Marah
Marah
8%