Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 PSM Makassar vs Barito Putera: Gol Klok Hadirkan Tiga Poin

Rabu, 14 Agustus 2019 17:31 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Adriyan Adirizky
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic. Copyright: © Adriyan Adirizky
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic.

INDOSPORT.COM - Diwarnai beberapa drama, PSM Makassar berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas Barito Putera di pekan ke-14 Liga 1 2019, Rabu (14/08/19).

Tampil di kandang sendiri Stadion Stadion Andi Mattalata, Mattoangin, PSM Makassar langsung menekan Barito sejak menit awal. 

Sebelum menit ke-10 setidaknya ada beberapa peluang yang klub berjuluk Tim Juku Eja itu dapatkan, seperti lewat Benny Wahyudi di menit ke-4 yang tembakannya masih melambung tinggi.

Serangan-serangan PSM Makassar yang menggunakan formasi 4-3-3 memang lebih banyak difokuskan di sisi sayap. Terbukti hingga menit ke-20 ada sekitar 10 umpan crossing yang berhasil mereka ciptakan ke kotak penalti Barito Putera.

Meski begitu, serangan dari tengah lapangan juga sesekali PSM Makassar lancarkan dengan berbahaya. Di menit ke-27, upaya tersebut hampir membuahkan haasil, andai tendangan voli Marc Klok juga tak melambung ke atas mistar.

Memasuki paruh akhir babak pertama, Barito Putera juga sempat balik mengancam gawang PSM Makassar. Di menit ke-36, tim tamu bisa saja unggul andai tendangan Yanto Sayuri tak bisa dimentahkan oleh penjaga gawang Rivky Mokodompit.

Bahkan di menit ke-45, Rafael da Silva berhasil menceploskan bola ke gawang Rivky, yang beruntungnya dianulir oleh wasit karena offside. Sehingga PSM Makassar bisa mengakhiri pertandingan babak pertama Liga 1 2019 kontra Barito Putera itu dengan skor imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Seakan melanjutkan dominasi di akhir babak pertama, di awal babak kedua, Barito Putera juga kembali mendominasi serangan. Lewat kecepatan Yanto Sayuri, Laskar Antasari sempat mengancam di menit ke-50 dan 53.

Asik menyerang pil pahit harus dirasakan Barito Putera yang justru kecurian lewat aksi Asnawi Mangkualam di menit ke-60. 

Menusuk dari sisi kana, umpan yang dilambungkan Asnawi ke kotak penalti, salah diantisipasi Harold Monim, yang justru membuat bola masuk ke gawang sendiri. 1-0 PSM Makassar memimpin.

Setelah unggul PSM Makassar justru harus kehilangan penjaga gawangnya Rivky Mokodompit yang ditarik keluar karena cedera dan digantikan Heri Prasetyo di menit ke-62.

Baru dua tiga menit menjalani debut buat PSM Makassar di Liga 1 2019, Heri Prasetyo pun harus rela gawangnya kebobolan di menit ke-65.

Salahnya Abdul Rahman menyampu bola di kotak penalti, berujung petaka karena dengan mudah Lucas da Silva berhasil menyambut rebound, untuk membuat skor berubah imbang 1-1.

Upaya PSM Makassar untuk balik memimpin akhirnya membuahkan hasil di menit ke-73. Tak lama masuk ke lapangan, Bayu Gatra berperan penting menghadirkan penalti saat dirinya dijatuhkan Andri Ibo.

Marc Klok yang maju sebagai eksekutor, tanpa kesalahan memperdaya Aditya Harlan, PSM Makassar balik memimpin 2-1.

Di sisa babak kedua, PSM Makassar terus mampu mendominasi, meski Barito Putera juga sesekali mengancam. Seperti upaya tandukan Rafael da Silva di menit ke-89, yang masih tipis dari gawang Heri Prasetyo.

Sempat diwarnai pertikaian dan kartu merah, hingga wasit meniup akhir pertandingan, tak ada lagi gol tercipta di laga pekan ke-14 Liga 1 2019 itu. PSM Makassar 2-1 Barito Putera.

Susunan Pemain Liga 1 2019 PSM Makassar vs Barito Putera

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit; Hasim Kipuw, Asnawi,  Abd Rahman, Benny Wahyudi; M. Arfan, Wiljan Pluim, Marc Klok; Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M. Rahmat.

Barito Putera (4-4-2): Aditya Harlan; Andri Ibo, Dandi Maulana, Lucas Rodriguez, Donny Harlod Monim; Gavin Kwan, Bayu Pradana, Paulo Sitanggang, Ronny Boroperay; Rafael da Silva, Yakob Sayuri.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%