Bola Internasional

3 Fakta Mengejutkan yang Hiasi Kemenangan Liverpool di Piala Super Eropa 2019

Kamis, 15 Agustus 2019 06:41 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© twitter.com/LFC
Sadio Mane saat mengamankan bola dari pemain Chelsea di ajang Piala Super Eropa 2019 Copyright: © twitter.com/LFC
Sadio Mane saat mengamankan bola dari pemain Chelsea di ajang Piala Super Eropa 2019

INDOSPORT.COM - Berikut 3 fakta mengejutkan yang menghiasi kemenangan Liverpool atas Chelsea di ajang Piala Super Eropa 2019 pada Kamis (15/08/19) dini hari WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Vodafone Park, Istanbul, jawara Liga Champions musim lalu Liverpool sukses mengkandaskan kampiun Liga Eropa, Chelsea dan meraih status tim terbaik ranah benua biru musim 2019/20.

Duel antara sesama tim Liga Primer Inggris tersebut berjalan sangat sengit, bahkan empat gol tercipta selama 120 menit pertandingan berlangsung, bahkan laga dilanjutkan ke babak adu penalti setelah kedua kesebelasan bermain imbang 2-2.

Pada babak adu tos-tosan tersebut, Liverpool berhasil keluar sebagai juara lantaran penendang terakhir Chelsea gagal menjalankan tugasnya.

Sukses meraih gelar Piala Super Eropa 2019, membuat Liverpool kini telah mengoleksi empat gelar di ajang ini pertama kali di gelar pada tahun 1973 yang sekaligus menjadikan mereka sebagai tim Inggris dengan raihan trofi Piala Super Eropa terbanyak.

Jumlah empat trofi Piala Super Eropa Liverpool berhasil mengungguli perolehan milik Manchester United, Chelsea, Nottingham Forest, Aston Villa, dan Arsenal yang baru mengumpulkan satu trofi di ajang ini.

Selain fakta jumlah trofi, terdapat beberapa catatan serta data menarik lain yang tersaji setelah laga final Piala Eropa 2019 antara Liverpool vs Chelsea, dan berikut INDOSPORT.COM coba merangkum serta mengulasnya.

1. Istanbul Is Red
Kota Istanbul, Turki tampaknya bakal menjadi destinasi baru warga kota Liverpool lantaran di kota tersebut The Reds berhasil meraih kemenangan dan merengkuh dua trofi bergengsi Eropa.

Jauh sebelum final dini hari tadi, Liverpool pernah memainkan pertandingan penentuan juara di Istanbul tepatnya saat final Liga Champions musim 2004/05, saat itu The Reds juga menjadi juara usai menaklukan AC Milan di partai puncak.

Bahkan kejadian di final dini hari tadi dan final Liga Champions tahun 2004 silam hampir serupa, yakni Liverpool sama-sama tertinggal lebih dulu oleh tim lawan sebelum akhirnya menang melalui babak adu penalti.

2. Mimpi Buruk Lampard di Ajang Super Eropa
Kalahnya Chelsea di partai final Piala Super Eropa 2019, membuat The Blues terpaksa melanjutkan trend tak pernah menang dalam ajang ini selama 20 tahun.

Bahkan Frank Lampard menjadi sosok yang paling mengenaskan, lantaran di tiga pertandingan final Piala Super Eropa yang ia ikuti bersama Chelsea mulai sebagai pemain hingga menjadi pelatih, tak satupun partai final yang berhasil ia menangkan.

3. Catatan Impresif Sadio Mane
Salah satu pemain yang penampilannya paling mentereng di pertandingan final Piala Super Eropa dini hari tadi adalah penyerang Liverpool asal Mali, Sadio Mane yang mampu mencetak dua gol.

Tambahan dua gol tersebut membuat nama Sadio Mane masuk kedalam lima besar daftar pencetak gol terbanyak pemain Liverpool di ajang Eropa sepanjang sejarah.

Sadio Mane kini telah mengoleksi 17 gol, selisih tiga gol dari Ian Rush serta selisih 24 gol dari Steven Gerrad yang kokoh di puncak daftar dengan raihan 41 gol.

Mane pun menjadi pemain asal Afrika kedua yang berhasil mencetak gol di partai final Piala Super Eropa, setelah sebelumnya Frederic Kanoute lebih dulu mencetak gol ke gawang Barcelona di Piala Super 2006.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%