Liga Indonesia

Ronald Hikspoors, Rekrutan Robert Alberts Asal Belanda yang Gagal di PSM Makassar

Jumat, 16 Agustus 2019 18:00 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© PT GTS
Ronald Hikspoors, mantan pemain PSM Makassar Copyright: © PT GTS
Ronald Hikspoors, mantan pemain PSM Makassar

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, melakukan penyegaraan di putaran kedua dengan merekrut tiga pemain asing baru.

Ketiga pemain asing baru tersebut adalah Kevin van Kippersluis (gelandang), Nick Kuipers (bek), dan Omid Nazari (gelandang). Kevin dan Nick berasal dari Belanda, sementara Omid berpaspor Filipina.

“Kita ingin meregenerasi tim ini dengan pemain-pemain yang lebih muda. Seperti yang saya katakan sejak saya datang ke sini, ada ketidakseimbangan di dalam tim ini," kata Robert Alberts, Kamis (15/08/19).

Upaya Robert untuk merombak pemain asing Persib Bandung di putaran kedua mengingatkan pecinta sepak bola Indonesia mengenai langkah yang pernah pelatih asal Belanda itu ambil semasa melatih PSM Makassar.

Saat melatih PSM Makassar selama lebih dari dua musim, Robert didukung pemain-pemain asing mumpuni asal Belanda, sebut saja Wiljan Pluim dan Marc Anthony Klok.

Kehadiran Kevin van Kippersluis dan Nick Kuipers digadang-gadang akan menjadi the next Wiljan Pluim dan Marc Anthony Klok di Persib Bandung.

Rekrutan yang Tidak Selalu Sukses

Selain Wiljan Pluim dan Marc Klok, Robert Alberts pernah merekrut satu pemain asing dari Belanda, yakni Ronald Hikspoors. Ia membela PSM Makassar pada ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Hikspoors tercatat tampil sembilan kali bersama PSM Makassar di ISC A 2016 dengan catatan satu gol. Gol yang dicetak Hikspoors terjadi pada laga melawan Persib Bandung, 29 Oktober 2016 silam, di Stadion Andi Mattalatta, Matoangin.

Tidak seperti Wiljan Pluim, karier Hikspoors terbilang singkat bersama PSM Makassar. Ia harus terdepak akibat mengalami cedera parah.

Hikspoors terpaksa terbang kembali ke Belanda untuk memulihkan cederanya. Robert kala itu hanya bisa pasrah karena kehilangan Hikspoors di tujuh laga sisa ISC A 2016.

Menunggu Kiprah Duo Belanda

Ronald Hikspoors menjadi bukti kalau tidak semua rekrutan Belanda dari Robert Alberts selalu sukses. Ini bisa menjadi catatan bagi Kevin van Kippersluis dan Nick Kuipers di Persib Bandung.

Kevin dan Nick baru akan menjalani debut di kompetisi sepak bola Indonesia. Dua pemain asal Belanda tentu butuh adaptasi yang tidak mudah mengingat kultur sepak bola Asia dan Eropa yang berbeda.

Ekspektasi tinggi akan menjadi tantangan bagi Kevin dan Nick, terlebih Persib Bandung mengusung misi bangkit di putaran kedua.

Sebelum sehebat sekarang, Pluim dan Klok tentu melewati masa yang sulit bersama PSM Makassar. Bobotoh patut bersabar alih-alih berharap lebih kepada Kevin dan Nick.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
17%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
17%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%