Liga Indonesia

Pelatih Terbaik Liga 1 Pekan ke-14: Stefano Cugurra Teco, Master Strategi

Sabtu, 17 Agustus 2019 12:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Novik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, dalam preskon jelang melawan Kalteng Putra Copyright: © Novik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, dalam preskon jelang melawan Kalteng Putra

INDOSPORT. COM - Liga 1 2019 pekan ke-14, memunculkan satu nama yang layak disebut sebagai pelatih terbaik, yakni Stefano Cugurra Teco.

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019, baru saja merampungkan semua laga pekan ke-14. Para pelatih dari seluruh tim peserta telah berusaha mengeluarkan racikan terbaiknya demi bisa meraih kemenangan.

Akan tetapi, hanya ada satu pelatih yang pantas untuk disebut dengan label terbaik. Sosok yang dimaksudkan ialah juru taktik Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Pelatih asal Brasil tersebut menunjukkan kepiawaiannya dalam meracik strategi di laga pekan ke-14. Buktinya, pada 15 Agustus 2019 lalu, Teco berhasil mengantarkan Bali United menang 2-1 atas Tira Persikabo.

Dua gol kemenangan Bali United diborong oleh Stefano Lilipaly, masing-masing pada menit ke-11 dan 82'. Sedangkan, gol tunggal Tira Persikabo dicetak Abduh Lestaluhu di menit ke-74.

Perlu dicatat, sebelum jumpa Bali United, Tira Persikabo adalah satu-satunya tim Liga 1 2019 yang belum tersentuh kekalahan. Namun, akibat kecemerlangan Teco dalam meramu taktik, Tira Persikabo akhirnya harus menderita kekalahan perdananya.

Teco tahu, jumpa Tira Persikabo akan menjadi laga yang sulit. Apalagi, laga dimainkan di markas Tira Persikabo, yang pasti bakal membuat Bali United mendapat tekanan dari suporter tuan rumah.

Maka dari itu, Teco memutuskan untuk melancarkan strategi serangan balik. Teco tak ingin anak asuhnya keteteran meladeni permainan terbuka Tira Persikabo.

Situs Liga Indonesia pun mencatat penguasaan bola Bali United sepanjang 90 menit pertandingan hanya 47 persen saja. Sementara Tira Persikabo tampil lebih dominan dengan presentase penguasaan bola 53 persen.

Hebatnya, walau tampil cenderung lebih bertahan, serangan Bali United lebih efektif ketimbang Tira Persikabo. Bali United mampu mencatatkan enam tembakan ke arah gawang, dan Tira Persikabo hanya empat kali saja.

Kecerdikan Teco tak hanya soal strategi saja. Ia juga terbilang tepat dalam memutuskan pergantian pemain.

Pada menit ke-75, Teco menarik keluar Ricky Fajrin yang digantikan dengan Michael Orah. Teco sadar, Ricky Fajrin yang menempati bek sayap kiri, mulai keteteran menghadapi pergerakan bintang Tira Persikabo, Ciro Alves.

Keputusan ini ternyata berakhir brilian. Pada menit ke-82, Michael Orah mampu melepaskan umpan matang yang memudahkan Lilipaly untuk mencetak gol kemenangan.

Begitulah kurang lebih penjabaran soal kehebatan Teco dalam meracik strategi di laga Liga 1 2019 pekan ke-14. Patut ditunggu, apakah kecemerlangan Teco bisa mengantarkan gelar juara untuk Bali United di akhir musim nanti?