Bola Internasional

Terlibat Pengaturan Skor, Eks Pelatih Nigeria Dihukum Seumur Hidup

Sabtu, 17 Agustus 2019 18:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
LOGO FIFA. Copyright: © INDOSPORT
LOGO FIFA.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak bola Dunia (FIFA) dilaporkan menjatuhkan hukuman larangan seumur hidup kepada mantan pelatih Nigeria, Samson Siasia, terkait kasus pengaturan skor pertandingan atau match fixing.

Dilansir dari laman Goal, FIFA melarang Samson Siasia dari semua kegiatan sepak bola seumur hidupnya setelah dinyatkan bersalah karena menerima suap untuk memanipulasi hasil pertandingan.

Pelatih bersia 52 tahun itu ditetapkan telah melanggar pasal 11 Kode etik organsasi menyusul hasil penyelidikan yang dilakukan FIFA sejak 11 Februari lalu.

Penyelidikan ini dilakukan terhadap upaya pertandingan yang dilakukan Wilson Raj Perumal, di mana dia diketahui memberikan sejumlah uang kepada Siasia.

Siasia, yang pernah mengantarkan timnas Nigeria U-20 dan U-23 menembus final Piala Dunia U-20 2015 dan Olimpiade Beijing 2008, juga dikenai denda tambahan sebesar 51 ribu dolar AS (sekitar Rp725 juta).

Siasia merupakan mantan pemain timnas Nigeria selama 15 tahun(1984-1999). Dia membukukan 16 gol dalam 51 pertandingan sepanjang kariernya untuk Super Eagles.

Bermain bersama level klub, Siasia juga pernah bermain bersama klub Belgia Lokeren dan tampil 151 pertandingan. Dia juga mencicipi beberapa musim di klub asal Prancis, Nantes, dan berkarier di Arab Saudi dan Australia.

Setelah pensiun, Siasia menjadi pelatih timnas Nigeria U-20 dan beralih ke U-23 pada 2005-2010. Dia pernah menjabat pelatih timnas senior Nigeria pada 2010, namun keluar setahun kemudian usai gagal di Piala Afrika.