Liga Indonesia

4 Putra Daerah Dipastikan Hengkang, Tak Ada Laga Perpisahan dari PSM Makassar

Minggu, 18 Agustus 2019 11:58 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media PSM Makassar
Bek kanan PSM Makassar, Zulkifli Syukur. Copyright: © Media PSM Makassar
Bek kanan PSM Makassar, Zulkifli Syukur.

INDOSPORT.COM - Empat pemain asli Sulawesi Selatan milik PSM Makassar sudah memastikan hengkang sebelum jendela transfer putaran kedua dibuka pada 19 Agustus nanti. Mereka adalah Zulkifli Syukur (Sriwijaya FC), Reva Adi Utama (Badak Lampung FC), Hendra Wijaya (PSIM Yogyajarta), dan Saldi (PSIM Yogyakarta).

Keempatnya dilepas dengan status pinjaman yang mulai efektif pada 19 Agustus hingga 31 Desember mendatang. Itu berarti keempatnya masih akan melewati satu laga Shopee Liga 1 2019 melawan Persib Bandung, Minggu (18/8/19), sebelum hengkang.

Namun, pelatih Darije Kalezic memastikan tidak akan memainkan keempat pemain tersebut. Padahal bagi Zulkifli, ia punya peluang untuk dimainkan sebab Asnawi Mangkualam yang menjadi pilihan utama di posisi bek kanan absen akibat akumulasi kartu kuning.

"Di posisi bek kanan kami punya banyak pilihan, Taufik bisa main di kiri dan Beny main di kanan. Kipuw bisa memainkan posisi aslinya di bek kanan, di mana telah ia lakukan sebelumnya pada banyak laga."

"Jadi saya sampaikan kalau Zulkifli tidak akan dimainkan karena telah memutuskan pergi ke klub lain. Pikirannya saat ini sudah ada di klub tersebut," ungkap Darije saat konferensi pers pra laga melawan Persib Bandung di media center Stadion Andi Mattalatta, Sabtu (17/8/19).

Meski demikian, pelatih sepakbola 49 tahun mendukung penuh keputusan eks Timnas Indonesia tersebut hengkang dari Juku Eja. Darije pun akan menunggu Zulkifli dan tiga pemain lainnya kembali dari masa peminjaman.

"Jika kamu berusia 35 tahun dan ingin mengakhiri karir dengan tetap terus bermain, saya mendukung dan menghormati keputusan itu dan Zulkifli akan selalu diterima kembali di PSM," tukas Darije lagi.

Selain keempat pemain tersebut yang telah memastikan hengkang, dua pemain lain yakni Eero Markkanen dan Guy Junior juga terancam didepak dari PSM Makassar. Markkanen sudah tidak cocok dengan skema Darije sedangkan Guy Junior mengalami cedera dan terancam absen hingga akhir musim.