In-depth

Bedah Strategi Persib Bandung Usai Kedatangan 3 Pemain Asing Baru

Minggu, 18 Agustus 2019 08:38 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Hanya mengemas 15 poin dan masih tertahan di peringkat ke-11 klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 rupanya membuat Robert Rene Alberts tak puas dengan kinerja pemain Persib Bandung, khususnya para legiun asing.

Menjelang dibukanya jendela transfer paruh musim, Robert pun langsung melakukan perombakan di skuat Persib. Tak tanggung-tanggung, tiga penggawa impor Maung Bandung resmi didepak.

Ketiganya adalah Bojan Malisic (bek tengah) dan dua gelandang Rene Mihelic serta Artur Gevorkyan. Mereka terpaksa angkat kaki setelah sang pelatih mengaku tidak puas dengan performa mereka.

Usai mendepak Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan, Persib langsung mendatangkan pengganti mereka, yakni Kevin Kippersluis, Nick Kuipers, dan Omid Nazari. Ketiganya dipersiapkan untuk mengarungi putaran kedua Shopee Liga 1 2019.

Perekrutan ketiga pemain asing baru Persib Bandung itu sudah dikonfirmasi oleh Robert Rene Alberts dan manajemen pada Kamis (15/08/19) kemarin. Lantas, seperti apa starting XI Persib dengan tiga pemain asing barunya nanti? 

Robert Rene Alberts belakangan ini suka menggunakan pakem 4-2-3-1 dalam beberapa laga terakhir. Kedatangan Kevin van Kippersluis bisa menambah variasi dalam lini depan Persib.

Kippersluis bisa dimainkan di gelandang kiri bersama dengan Esteban Vizcarra (tengah) dan Febri Hariyadi (kanan). Di depannya, Persib menempatkan Ezechiel seorang diri. 

Robert juga bisa menduetkannya dengan Ezechiel N’Douassel atau cukup dengan memainkannya di posisi sayap kiri dalam formasi 4-3-3. 

Kevin memiliki posisi alami sebagai penyerang sayap kiri. Pada kompetisi musim 2018/19 lalu, Kevin Kippersluis tampil impresif dengan catatan 10 gol dan 7 assist dalam 37 pertandingan di semua kompetisi.

Sebagai pemain sayap, Kevin Van Kippersluis dibekali skill individu mumpuni dan naluri gol tinggi. Ia berkali-kali menunjukkan kemampuannya itu ketika masih membela Cambuur maupun FC Volendam.

© lc.nl
Kevin van Kippersluis calon pemain Persib Bandung. Copyright: lc.nlKevin van Kippersluis calon pemain Persib Bandung.

Dengan potensinya ini, pelatih Robert Rene diyakini bakal condong memainkannya di posisi sayap kiri. Kippersluis sangat cocok dimainkan bersama Ezechiel N'douassel (ujung tombak), dan Febri Hariyadi (sayap kanan). 

Berikutnya Persib memiliki Nick Kuipers. Nick Kuipers diproyeksikan untuk menjadi pengganti Bojan Malisic. 

Sejauh ini Nick Kuipers tampil cukup menjanjikan di klub lamanya, ADO Den Haag. Ia main sebanyak 18 kali di Eredivisie. Walau cuma 18 kali, namun ia tampil hampir selalu 90 menit. 

© Angelo Blankespoor/Soccrates/Getty Images
Nick Kuipers pemain anyar Persib Bandung saat jalani latihan H.V.V. Laakkwartier (06/07/19). Angelo Blankespoor/Soccrates/Getty Images Copyright: Angelo Blankespoor/Soccrates/Getty ImagesNick Kuipers pemain anyar Persib Bandung saat jalani latihan H.V.V. Laakkwartier (06/07/19). Angelo Blankespoor/Soccrates/Getty Images

Dari segi pengalaman serta harga, Nick Kuipers masih lebih berkualitas ketimbang Bojan Malisic. Kuipers pun bisa memberikan jaminan tambahan kekuatan pada lini belakang Maung Bandung. 

Satu lagi pemain asing baru Persib adalah gelandang asal Iran, Omid Nazari. Nazari merupakan gelandang top yang bermain di Liga Filipina bersama klub Ceres Negros. 

Omid Nazari bisa menambah kualitas lini tengah Persib. Mantan pemain Malmo FF ini bagus dalam mengemban posisi gelandang bertahan maupun gelandang tengah. 

Persib sepertinya bisa memainkannya di posisi mana pun di lini tengah. baik itu kanan, kiri, maupun tengah. Namun, sepertinya Omid lebih cocok menggantikan posisi Achmad Jufriyanto. 

Ia mahir dalam mengatur serangan serta piawai menghubungkan lini pertahanan dan lini depan. Umpan-umpan kuncinya pun bisa memudahkan gelandang-gelandang serang yang dimiliki Persib Bandung

Formasi 4-3-3

Kiper: I Made Wirawan
Bek: Supardi Nasir, Indra Mustafa, Nick Kuipers, Ardi Idrus
Tengah: Hariono, Omid Nazari, Ghozali Siregar
Depan: Febri Haryadi, Ezechiel N’Douassel, Kevin van Kippersluis

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
8%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
8%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%