Liga Indonesia

Timnas Indonesia Diminta Tak Panik saat Jumpa Vietnam

Minggu, 18 Agustus 2019 15:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pertandingan uji coba Timnas Putri Indonesia di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pertandingan uji coba Timnas Putri Indonesia di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo.

INDOSPORT.COM - Timnas putri Indonesia akan melawan Vietnam, Minggu (18/08/19) di laga kedua Grup B Piala AFF 2019. Laga ini harus jadi momen kebangkitan skuat Garuda Pertiwi, setelah sebelumnya kalah telak 0-7 dari Myanmar.

Pertemuan kontra Vietnam akan menjadi yang pertama bagi Indonesia. Karenanya, tim pelatih menyoroti kekuatan lawan yang disebut sama baiknya dengan Thailand maupun Myanmar.

"Yang menjadi bahan evaluasi dari laga kemarin tentu organisasi lini per lini yang tidak jalan sama sekali," ucap Asisten Pelatih Timnas Putri, Yopie Riwoe.

"Kami belum pernah bertemu di kompetisi internasional manapun. Tetapi Vietnam memiliki pola permainan yang mirip dengan Myanmar dan Thailand. Kekuatan tim Vietnam hampir dengan kedua negara tersebut. Untuk melawan mereka kita harus punya semangat yang lebih," lanjutnya.

Yopie lantas mengingatkan anak asuhnya agar tak panik saat jumpa Vietnam. Hal ini perlu diantisipasi, sebab Vietnam memiliki gaya bermain cepat terutama dari sisi sayap.

"Untuk menghadapi Vietnam, strategi yang dilakukan pun lebih kepada mengantisipasi bola dari kedua winger mereka serta overlap right back tim Vietnam yg sering memberikan assist untuk proses terjadinya gol. Para gelandang pun memiliki mobilitas dan aliran-aliran bola yang sangat akurat," ujarnya.

"Jadi, Indonesia harus sabar, fokus serta tidak panik," imbuh Yopie.