Liga Italia

Profil Klub Serie A Italia 2019/20: Juventus, Peringatan Sarriball Membunuhmu

Senin, 19 Agustus 2019 15:01 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil klub Serie A Italia 2019/20: Juventus Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil klub Serie A Italia 2019/20: Juventus

INDOSPORT.COMJuventus, Maurizio Sarri, dan Sarriball akan menjadi pemandangan biasa bagi Juventini, penggemar Juventus, sepanjang musim 2019/20.

Massimiliano Allegri telah memberikan banyak gelar kepada Juventus, kecuali Liga Champions tentu saja. Namun demikian, ada satu hal penting yang kurang diasah Allegri selama di Juventus, yakni mentalitas.

Tugas itu kini harus diemban oleh Maurizio Sarri, menempa mentalitas skuat Juventus. Tidak hanya itu, Sarri juga mempunyai beban berat untuk mempertahankan tradisi meraih gelar Scudetto ditambah tuntutan mempersembahkan trofi Liga Champions.

Awal perjalanan Sarri di Juventus jelas tidak mudah. Ia harus menanamkan filosofi permainannya yang terkenal dengan nama Sarriball.

Sarriball merupakan perpaduan dari sirkulasi pemain dan umpan vertikal. Mantan pelatih Chelsea itu ingin Juventus bermain dengan umpan-umpan pendek cepat disertai pergerakan dan penempatan diri yang tepat.

Permainan umpan-umpan pendek penuh progresi ala Sarri ini perlahan mulai terlihat di laga uji coba Juventus. Ini menjadi bukti penggawa Juventus telah memahami strategi dan taktik Sarri.

Adaptasi ini tentu tidak mudah bagi sebagian pemain Juventus. Pemain Juventus, Alex Sandro, sejauh ini memberikan kesan positif dan antusiasme berada di bawah asuhan Sarri.

“Sarri berbeda dengan Allegri, tetapi kam sudah memiliki mentalitasnya. Kami tahu apa yang harus dilakukan. Juventus harus meningkat, tetapi kami berada di jalur yang benar.”

“Sarri meminta kami untuk dominan dan memiliki lebih banyak bola, tetapi menang juga penting dan itu selalu menjadi mentalitas kami,” ujar Alex Sandro kepada laman berita olahraga Sky Sports Italia.

Progres mulus Sarriball di Juventus tentu menjadi peringatan berbahaya bagi Inter Milan, Napoli, AC Milan, atau klub Serie A Italia lainnya yang mencoba untuk mendobrak tradisi juara Si Nyonya Tua.

Sarri akan memulai debut bersama Juventus di Serie A Italia melawan tuan rumah Parma, Sabtu (24/08/19), di Stadion Ennio Tardini pukul 23.00 WIB.