Liga Indonesia

Kualitas Bek Berdarah Indonesia di Liga Inggris Mirip dengan Van Dijk

Rabu, 21 Agustus 2019 12:27 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© footyrenders/elkanbaggott/INDOSPORT
Pemain berdarah Indonesia, Elkan Baggott dan Virgil Van Dijk. Copyright: © footyrenders/elkanbaggott/INDOSPORT
Pemain berdarah Indonesia, Elkan Baggott dan Virgil Van Dijk.

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini muncul nama Elkan Baggott sebagai pemain keturunan Indonesia yang tampil bersama salah satu klub ternama Liga Inggris, yakni Ipswich Town U-18.

Mungkin nama Elkan Baggott sendiri masih begitu asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Akan tetapi para penikmat di kulit bundar nampaknya harus bangga adanya sosok pemain berdarah Indonesia yang main di Liga Inggris.

Pemain berposisi sebagai bek tengah tersebut mengakui bahwa dirinya memiliki darah Indonesia yang berasal dari sang ibu. Bahkan Elkan juga pernah tinggal di Jakarta hingga usianya menginjak 9 tahun.

"Ya. Ibuku dari Jakarta dan ayahku dari Inggris jadi aku memiliki darah Indonesia. Saya pernah tinggal di Jakarta sampai saya berusia 9 tahun, kemudian pindah ke sini (Inggris) untuk meraih mimpi bermain di Liga Primer," ucap Elkan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Elkan sendiri saat ini telah menunjukkan kualitasnya untuk menyongsong mimpi bermain di Liga Primer Inggris. Karena menurut pelatih Ipswich U-18, Adam Atey, Elkan merupakan sosok bek yang tangguh.

“Elkan memiliki fisik yang bagus. Dia tenang dalam menguasai bola tetapi tidak takut untuk mempertahankan (area) saat diperlukan. Kuat dan dinamis. Dia berkembang sepanjang waktu sebagai bek,” ujar sang pelatih seperti dilansir East Anglian.

Tak hanya kuat dalam bertahan, nyatanya Elkan juga cukup sering membantu produktivitas tim. Menurut laporan beberapa media Inggris, Elkan telah membantu mencetak masing-masing satu gol saat timnya menghadapi Sheffield Wednesday U-18 dan Sparta Rotterdam U-18.

Melihat penjabaran yang diutarakan oleh sang pelatih, karakter Elkan memiliki sedikit kemiripan dengan pemain bertahan andalan Liverpool, Virgil van Dijk. Ya, Van Dijk memiliki karakter sebagai bek yang tangguh, kuat, dan dinamis.

© Clive Brunskill/Getty Images
Van Dijk mencetak gol pembuka Liverpool ke gawang Newcastle United Copyright: Clive Brunskill/Getty ImagesVan Dijk mencetak gol pembuka Liverpool ke gawang Newcastle United.

Terlebih bek yang digadang-gadang bakal menjadi kandidat kuat peraih Ballon d’Or tersebut juga kerap kali membantu produktivitas Liverpool. Pada musim ini, Van Dijk telah mencetak satu gol dari dua laga awal Liga Primer Inggris.

Memang masih teramat jauh jika kita membandingkan Elkan dengan Van Dijk. Mengingat usia keduanya terpaut cukup jauh, yakni 12 tahun.

Akan tetapi, jika kembali mengingat komentar pelatih Ipswich U-18, Elkan memiliki perkembangan yang cukup bagus sebagai seorang bek. Bukan tidak mungkin jika dirinya bakal menyamai pencapaian Van Dijk di masa mendatang.