In-depth

Membayangkan Apa Jadinya Persija Jakarta Tanpa Marko Simic di Liga 1 2019

Rabu, 21 Agustus 2019 10:12 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Bhayangkara FC di Stadion Patriot. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Bhayangkara FC di Stadion Patriot.

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta dan Marko Simic, jadi dua hal yang tak dapat terpisahkan. Sungguh sulit rasanya membayangkan Persija Jakarta bila tanpa disertai Marko Simic di Shopee Liga 1 2019.

Bulan Febuari lalu, Persija Jakarta hampir saja kehilangan Marko Simic. Bertandang ke Australia guna melakoni laga kualifikasi Liga Champions Asia kontra Newcastle Jets, Simic malah tersandung masalah hukum dan ditahan pihak kepolisian setempat.

Namun kasus ini akhirnya tak berbuntut terlalu panjang. Setelah tiga bulan tertahan di Australia, Simic akhirnya kembali ke Indonesia dan bisa memperkuat Persija Jakarta lagi.

Kembalinya Simic sepertinya patut disyukuri oleh Persija Jakarta. Andai waktu itu Simic terus tertahan di Australia dan tak kembali lagi, apa jadinya Persija Jakarta di Liga 1 2019.

Ya, hingga Liga 1 2019 memasuki pekan ke-15, Simic tampil luar biasa bersama Persija Jakarta. Ia kini total telah mengoleksi 11 gol dari 11 penampilan.

Tak heran bila Simic lantas menjadi pemain tertajam Persija Jakarta. Pemain asal Kroasia itu juga bersaing di daftar top skor yang mana hanya tertinggal satu gol saja dari sang pemuncak, Alex Goncalves (Persela Lamongan).

Kalau ditelaah secara keseluruhan, bisa dibilang Persija Jakarta nampak begitu bergantung kepada Simic. Empat pemain Persija Jakarta lainnya yang pernah mencetak gol, Ryuji Utomo, Novri Setiawan, Sandi Sute, serta Heri Susanto, masing-masing hanya bisa menorehkan satu gol saja.

Ketergantungan terhadap Simic bisa dilihat pula dari posisi Persija Jakarta saat ini. Ada Simic saja, Persija Jakarta cuma mampu menempati urutan 15 klasemen dengan 12 poin, bagaimana jika tanpanya, mungkin akan makin parah.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, ada delapan pertandingan Persija Jakarta yang dihiasi oleh torehan gol Simic. Rincian hasilnya, dua pertandingan berakhir dengan kemenangan, lima kali imbang, dan sekali kalah.

Bila Simic tak ada, lima hasil imbang tadi mungkin malah akan diakhiri dengan kekalahan, alias Persija Jakarta kehilangan lima poin. Begitu pula kemenangan 1-0 atas PSS Sleman yang mana Simic menjadi pencetak gol penentu kemenangan, jika tanpanya mungkin Persija Jakarta hanya meraih hasil imbang dan kehilangan dua poin.

Jika ditotal, tanpa kehadiran seorang Simic, Persija Jakarta diperkirakan bakal kehilangan sebanyak tujuh poin. Andai kondisi tanpa Simic diaplikasikan ke tabel klasemen sekarang, Persija Jakarta berarti hanya bisa mengoleksi lima poin saja, atau tertinggal lima poin dari tim juru kunci yang asli, Semen Padang.

Begitulah kurang lebih penggambaran kondisi Persija Jakarta seandainya di Liga 1 2019 tak punya seorang Simic, hanya mengumpulkan lima poin dan menempati dasar klasemen. Patut ditunggu kiprah Simic selanjutnya, bisa terus berperan vital untuk skuat Macan Kemayoran?