In-depth

Fakta Dibalik Epic Comeback yang Dialami PSM Makassar di Kandang PSS Sleman

Sabtu, 24 Agustus 2019 10:08 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga pertandingan antara PSS Sleman vs PSM Makassar, Jumat (23/08/2019). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga pertandingan antara PSS Sleman vs PSM Makassar, Jumat (23/08/2019).

INDOSPORT.COM - PSM Makassar terkena 'epic comeback' dari PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo. Unggul 2-0 pada babak pertama, Pasukan Ramang justru mengakhiri laga dengan kekalahan 2-3, Jum'at (23/8/19) malam.

PSM Makassar unggul terlebih dahulu berkat gol Eero Markkanen dimenit ke-9 dan Zulham Zamrun dimenit ke-45. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk Wiljan Pluim dkk.

PSS Sleman mengejar pada babak kedua berkat dua gol Brian Ferreira dimenit ke-51 dan penalti dimenit ke-81. Serta pemain pengganti Kushedya Hari Yudo empat menit jelang bubaran.

Dengan hasil tersebut, PSM Makassar berada diperingkat ke-9 klasemen sementara dengan 19 poin. Sedangkan PSS Sleman menembus empat besar dengan 24 poin.

Hasil tersebut pun menimbulkan enam fakta menarik dari sisi PSM Makassar. Berikut INDOSPORT rangkum untuk anda.

1. Gol Tandang Pertama
Gol Eero Markkanen dimenit ke-9 menjadi gol tandang PSM Makassar di Shopee Liga 1 2019. Pada 4 laga tandang sebelumnya, tidak sekalipun Pasukan Ramang menjebol gawang lawannya.

Proses gol tersebut terjadi dengan indah, dimana Wiljan Pluim membawa bola dari jantung pertahanan sendiri menuju ke depan kotak penalti Super Elja.

Mengelabuhi dua pemain, Pluim memberikan umpan manja kepada Markkanen yang diselesaikan dengan sepakan placing kaki kiri melengkung ke sudut kanan atas gawang Ega Rizky.

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga pertandingan antara PSS Sleman vs PSM Makassar, Jumat (23/08/2019) Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTLaga pertandingan antara PSS Sleman vs PSM Makassar, Jumat (23/08/2019)

2. Gol Pertama Eero Markkanen

Rupanya gol tandang pertama PSM Makassar musim ini juga menjadi gol pertama bagi penyerang asal Finlandia tersebut di Shopee Liga 1 2019.

Dengan gol tersebut, posisi Markkanen di PSM Makassar pun agak sedikit aman. Sebab jauh sebelum melawan PSS Sleman, isu didepaknya Markkanen sangat berhembus kencang.

3. Debut Dua Pemain Muda
Dua jebolan PSM Makassar U-19 yang naik pangkat ke tim senior, Rizky Eka Pratama dan M Takwir, tidak akan melupakan laga malam tadi. Keduanya menjalani debut di Shopee Liga 1 2019.

Takwir masuk menggantikan bek tengah, Aaron Evans, di masa tambahan waktu tepatnya dimenit ke-90+1.

Sedangkan bagi Rizky, kapten PSM Makassar U-19 musim lalu ini sejatinya telah menjalani debut saat menghadapi Persib Bandung pekan lalu.

Hanya saja, laga semalam merupakan laga pertamanya di kandang lawan saat menggantikan M Arfan dimenit ke-83.

4. Loyo di Kandang Lawan

PSM Makassar masih penasaran dengan kemenangan tandang di Shopee Liga 1 2019. Mereka belum sekalipun menang dari 5 laga tandang yang telah dilalui.

Pasukan Ramang bahkan hanya mampu meraih 1 poin dan baru mencetak 2 gol berbanding 8 kali kebobolan.

Hal tersebut berbanding terbalik jika menengok laga kandang. PSM Makassar menyapu bersih 6 laga kandang dengan mencetak 14 gol berbanding 4 kali kebobolan.

5. Kebobolan Tiga Gol
Laga semalam juga menjadi kali pertama PSM Makassar kebobolan 3 gol dalam satu babak. PSS Sleman pun menjadi klub pertama yang menjebol gawang PSM Makassar tiga kali di Shopee Liga 1 2019.

Namun jika dilihat dari empat kompetisi yang diikuti PSM Makassar musim ini, PSS Sleman merupakan yang ketiga setelah Lao Toyota FC di Piala AFC dan Bhayangkara FC di Kratingdaeng Piala Indonesia.

6. Penalti
Gol penalti Brian Ferreira dimenit ke-82 yang menyamakan kedudukan menjadi 2-2 merupakan gol penalti pertama yang bersarang ke gawang PSM Makassar di Shopee Liga 1 2019.

Gol tersebut pun menjadi pelecut semangat Super Elja untuk membalikkan keadaan. Alhasil, pemain pengganti Kushedya Hari Yudo sukses merubah skor menjadi 3-2 dimenit ke-86 yang bertahan hingga akhir laga.

3