Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta: Drama 2 Gol

Sabtu, 24 Agustus 2019 17:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Persija, Riko Simanjuntak berusaha merebut bola dari pemain Persebaya pada pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta, Sabtu (24/08/2019). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Persija, Riko Simanjuntak berusaha merebut bola dari pemain Persebaya pada pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta, Sabtu (24/08/2019).

INDOSPORT.COM – Laga pekan ke-16 kompetisi Shopee Liga 1 2019 mempertemukan duel klasik antara Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (24/08/19) sore. Skor akhir 1-1 memastikan kedua tim harus berbagi satu poin.

Persebaya Surabaya berhasil mendominasi jalannya pertandingan, melalui beberapa peluang yang dibuat secara bergantian oleh Manuchehr Jalilov dan Rendi Irwan Saputra. Namun Persija juga tak ketinggalan menciptakan peluang melalui serangan dari Marko Simic dan Sandi Sute.

Menariknya, pelatih Bejo Sugiantoro memasukkan wonderkid Timnas Indonesia U-18, Muhammad Supriadi jelang menit akhir pertandingan babak pertama, namun tak ada gol yang tercipta di 45 menit pertama. Memasuki babak kedua, pelatih Julio Banuelos juga memberi kesempatan pada pemain muda Feby Eka Putra untuk menggantikan Heri Susanto.

Supriyadi menunjukkan kelasnya dengan bermain spartan dan berani berduel dengan pemain senior, bahkan membuat Novri Setiawan kesulitan hingga harus menerima kartu kuning karena pelanggaran di menit ke-47.

Pesepakbola 17 tahun itu lantas mengeksekusi bola dari sisi kiri lapangan, namun masih melebar dari gawang Persija Jakarta. Tak berselang lama, Ruben Sanadi turut melakukan shooting jarak jauh meski bola berhasil ditepis kiper Shahar Ginanjar.

Guna menambah daya gedor tim, Bejo kembali memasukkan Misbakus Solihin menggantikan Rendi Irwan. Namun justru gol pertama menjadi milik Persija Jakarta melalui sepakan keras dari Marko Simic di menit ke-67.

Mendapat umpan matang dari Feby Eka di tengah lapangan, Simic seorang diri berlari menuju wilayah pertahanan Persebaya, dan dikawal oleh dua bek Bajul Ijo. Namun striker asal Kroasia itu melesakkan gol tepat di sudut kiri atas gawang Miswar Saputra. Skor sementara 0-1 untuk keunggulan tim tamu Persija Jakarta.

Ketinggalan satu gol, Jalilov kembali mengejutkan dengan serangan cepat, meski bola masih meleset tipis dari tiang gawang. Serangan bertubi-tubi dilakukan skuat Bajul Ijo, hingga Maman Abdurrahman terindikasi melakukan pelanggaran pada Oktafianus di kotak penalti. Praktis, wasit menunjuk titik putih penalti.

Misbakus Solihin berhasil mengeksekusi bola menjadi gol penyeimbang di menit ke-80. Skor berubah menjadi 1-1 dan semakin meningkatkan tensi permainan dari kedua tim di 20 menit terakhir.

Bambang Pamungkas kemudian masuk menggantikan Ramdani Lestaluhu di menit ke-82, namun Rohit Chand harus diganjar kartu kuning, disusul pelatih Julio Banuelos yang juga mendapat kartu dari wasit Aprisman Aranda.

Jalilov juga tak luput dari kartu kuning karena panasnya persaingan kedua tim. Tak berselang lama, giliran Rezaldi Hehanusa yang mengoleksi kartu.

Peluang emas berhasil diciptakan Supriadi di penghujung babak kedua, namun bola masih meleset dari gawang dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Tak ada gol lainnya yang tercipta di babak kedua, hingga laga Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta harus ditutup dengan skor imbang 1-1.

Susunan pemain:

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Andri Muladi, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi, Abu Rizal, Elisa Basna, Fandi Eko Utomo, Muhammad Hidayat, Rendi Irwan Saputra, Manuchekhr Dzhalilov, Oktafianus Fernando

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar, Rezaldi Hehanussa, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Sandi Sute, Heri Susanto, Marko Simic