Liga Indonesia

Jacksen Tiago Ungkap Rahasia Kebangkitan Persipura Jayapura

Sabtu, 24 Agustus 2019 11:48 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago.

INDOSPORT.COM - Jacksen F Tiago terbukti telah membangkitkan semangat baru dalam tubuh Skuad Persipura Jayapura. Dari 7 laga yang sudah dilaluinya, ia berhasil mempersembahkan 5 kemenangan, sekali hasil imbang, dan sekali kalah bagi tim Mutiara Hitam di Shopee Liga 1 2019.

Berkat tangan dinginnya, performa Persipura kian menanjak dan kini bertengger di peringkat ke-8 dengan raihan 20 poin.

Padahal sebelumnya, saat masih ditukangi Luciano Leandro, Persipura tak mampu meraih kemenangan dan terperosok di papan bawah klasemen.

Menanggapi hal tersebut, pelatih asal Brasil ini justru mengaku tak banyak melakukan perubahan di tubuh Persipura.

Mantan pelatih Persebaya Surabaya ini menuturkan jika para pemain Persipura lah yang mampu mengubah tim mereka sendiri. Sehingga dirinya hanya memberikan sedikit motivasi yang sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh pelatih lainnya.

"Apa yang kita berikan kepada mereka selalu dijalankan dengan sungguh-sungguh dan setiap saat masuk lapangan mereka benar-benar ingin menjaga harga diri dan seperti mewakili seluruh bangsa Papua. Dan saya rasa itu lah yang menjadi perbedaan mereka dengan tim lain," ungkap Jacksen, Sabtu (24/8/19).

"Tapi kalau dari aspek motivasi tidak ada yang berbeda dan sama sebenarnya, tapi saya lebih mudah masuk dalam perasaan pemain Papua," tambahnya.

Dirinya juga membeberkan jika apa yang dilakukannya di Persipura sebenarnya tak jauh beda dengan apa yang sudah dilakukannya di klub lain. Hanya saja, faktor kedekatannya dengan pemain-pemain Papua membuat dirinya tak merasakan kesulitan untuk membangun tim yang solid.

"Sebenarnya tidak jauh beda dengan apa yang saya lakukan di Banjarmasin ketika melatih Barito, tapi seperti yang saya bilang saya sudah mengerti dengan pemain-pemain Papua, mereka bisa lebih mengekspresikan diri lewat sepak bola," tandas Jacksen F Tiago.