In-depth

Bedah Komposisi Barito Putera 2018 vs 2019: Dari Puncak ke Dasar Klasemen

Minggu, 25 Agustus 2019 14:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Logo Barito Putera Copyright: © INDOSPORT
Logo Barito Putera

INDOSPORT.COM – Ada apa dengan Barito Putera di Shopee Liga 1 2019? Itulah pertanyaan yang akhir-akhir ini cukup sering terngiang dari penggemar sepak bola Tanah Air.

Klub yang memiliki komposisi pemain cukup baik, bahkan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia dan rutin mengirimkan pemainnya untuk membela Timnas, kini terbenam di papan bawah klasemen sementara Liga 1 2019.

Padahal jika berkaca pada musim 2018 lalu, Barito Putera bahkan sempat menjadi pemuncak klasemen di putaran pertama, dan tak ragu untuk mengusung target juara hingga mengontrak sejumlah bermain dengan nominal yang cukup tinggi untuk mencapai ambisi tersebut.

Namun memasuki musim 2019, klub berjuluk Laskar Antasari tak pernah menang dalam tujuh laga awal. Kini memasuki pekan ke-16, Barito bahkan hanya mampu meraih dua kemenangan, yakni saat bersua Bali United dan Persib Bandung.

Pelatih Jacksen F. Tiago pun didepak paska kekalahan di laga pekan keempat, setelah dua tahun menukangi tim Barito. Yunan Helmi maju sebagai caretaker, sebelum manajemen kemudian mengontrak pelatih Djadjang Nurdjaman untuk putaran kedua Liga 1 2019.

Rupanya jurang prestasi yang membedakan musim lalu dan kini tak lepas dari materi pemain, yang setidaknya bisa terlihat dari perbedaan komposisi pemain Barito Putera pada musim 2018 dan 2019 berikut ini.

Pertama, keputusan pelatih untuk mendepak seluruh pemain asing musim lalu adalah sebuah keputusan yang perlu disesali. Striker Marcel Sacramento memang tidak terlalu berkontribusi, namun tiga pemain asing lainnya, yakni Aaron Evans, Douglas Packer, dan Matias Cordoba memiliki peran penting untuk tim.