In-depth

Catatan Jacksen F. Tiago, Sang Penghancur Para Mantan

Minggu, 25 Agustus 2019 16:07 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago.

INDOSPORT.COM – Berkarir sebagai seorang pelatih sepak bola di Indonesia adalah pilihan hidup Jacksen F. Tiago, sosok yang 25 tahun lalu baru menginjakkan kakinya di Tanah Air untuk memperkuat Petrokimia Putra sebagai pemain asing asal Brasil.

Keputusannya itu memang berdampak baik untuknya. Beragam prestasi telah Jacksen torehkan selama menjabat sebagai pelatih, termasuk ketika mendapat mandat untuk menukangi Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Asia 2013.

Sementara itu saat menukangi klub, Jacksen berhasil membawa Persebaya Surabaya menjuarai Liga Indonesia Divisi Utama di tahun 2003 dan juara Liga Primer 2004.

Tak lupa, Jacksen Tiago adalah satu-satunya pelatih yang sukses membawa Persipura Jayapura meraih trofi Liga Super Indonesia tiga kali berturut-turut sejak 2008/09 hingga 2012/13, bahkan membawa klub Mutiara Hitam melaju ke semifinal Piala AFC 2014.

Sempat mencoba peruntungan melatih salah satu klub di negeri jiran Malaysia, Jacksen kemudian memutuskan kembali ke Indonesia dan membesut Barito Putera di Liga 1 2017. Sayangnya hasil minor Barito di awal musim 2019 memastikan perjalanan sang pelatih telah usai.

Pelatih 51 tahun itu kemudian kembali ke Persipura Jayapura, dan perlahan membawa tim asal Papua itu kembali ke jalur kemenangan, hingga kini bersaing ketat di papan tengah klasemen semnetara Liga 1 2019.

Menariknya, Jacksen F. Tiago yang memiliki segudang pengalaman melatih berbagai klub di Indonesia, seakan tak ragu untuk menghancurkan tim mantan dengan skor telak ketika bersua di lapangan hijau.

Siapa saja tim yang pernah menjadi korban keganasan Jacksen F. Tiago?