Liga Indonesia

Abdul Rachman, Putra Asli Penajam Paser Utara yang Bawa Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2016

Senin, 26 Agustus 2019 19:49 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© kaltim.prokal.co
Bek Borneo FC, Abdul Rachman. Copyright: © kaltim.prokal.co
Bek Borneo FC, Abdul Rachman.

INDOSPORT. COM - Kabupaten Penajam Paser Utara punya seorang putra daerah yang mampu bersinar di kancah sepak bola Indonesia, yakni Abdul Rachman.

Sebuah berita besar pada hari Senin (26/8/19) ini nampak menyeret nama Kabupaten Penajam Paser Utara. Daerah yang berada di kawasan Provinsi Kalimantan Timur itu turut disebutkan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, sebagai ibu kota baru negara.

Jokowi hari ini mengumumkan bahwa ada dua daerah yang paling ideal untuk menjadi ibu kota baru, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Pemilihan dua daerah tersebut telah lebih dulu melewati proses pengkajian dan studi selama tiga tahun.

Sebenarnya bukan kali ini saja Kabupaten Penajam Paser Utara bisa mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Kabupaten Penajam Paser Utara pernah mencuri perhatian nasional lewat putra daerah yang bersinar di kancah sepak bola.

Sosok pemain yang dimaksdukan itu bernama Abdul Rachman. Ia merupakan seorang pesepak bola produk asli Kabupaten Penajam Paser Utara yang kini tengah menjalani karier bersama klub Shopee Liga 1 2019, Borneo FC.


Karier Klub

© beritapenajam.net
Bek Borneo FC, Abdul Rachman. Copyright: beritapenajam.netBek Borneo FC, Abdul Rachman.

Abdul Rachman sudah tiga musim terakhir menjalani kariernya bersama Borneo FC. Sejak pertama kali bergabung pada tahun 2017 lalu, Abdul Rachman selalu berhasil mendapatkan menit bermain reguler dan menjadi andalan utama di lini belakang.

Musim pertamanya di Liga 1 2017, Abdul Rachman mampu mencatatkan 28 penampilan dan mencetak satu gol serta dua assists. Kiprahnya kala itu membantu Borneo FC mengakhiri musim di peringkat delapan klasemen.

Peran Abdul Rachman kembali memukau pada gelaran Liga 1 2018. Ia tampil dalam 24 laga dan membantu Borneo FC mengakhiri musim di peringkat tujuh klasemen.

Musim ini pun, Abdul Rachman masih menjadi andalan di lini belakang Borneo FC. Bersama pelatih anyar Borneo FC, Mario Gomez, peran Abdul Rachman dipercaya tampil 12 kali dan sudah menghasilkan satu assist.

Sebelum bergabung dengan Borneo FC, Abdul Rachman pernah membela sejumlah klub Kalimantan lainnya. Ia diketahui sempat ambil bagian dari skuat Bontang FC dan Persiba Balikpapan.

Timnas Indonesia

Soal kemampuan, Abdul Rachman tergolong pemain yang serba bisa. Ia terbiasa menempati posisi bek sayap kiri, dan juga handal bila diberi tugas sebagai bek tengah.

Kemampuan Abdul Rachman pun sampai pernah diandalkan oleh Timnas Indonesia. Pada gelaran Piala AFF 2016 lalu, Abdul Rachman masuk ke dalam 23 nama pemain Skuat Garuda.

Walau tak pernah sekalipun tampil berlaga, peran Abdul Rachman dari bangku cadangan tetap berarti. Kala itu, Timnas Indonesia asuhan Alfred Riedl berhasil melangkah hingga partai final, namun kalah dari Thailand.

Abdul Rachman sebenarnya sudah mencatatkan dua penampilan bersama Timnas Indonesia. Kesempatan ini didapat pada masa persiapan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2016, yakni dalam laga uji coba kontra Malaysia dan Vietnam.

Saat jumpa Malaysia, 6 September 2016, Abdul Rachman ditempatkan sebagai bek tengah. Ia tampil sejak menit awal dan membantu Timnas Indonesia menang 3-0.

Sementara ketika bertanding kontra Vietnam, 9 Oktober 2016, Abdul Rachman dipercaya untuk mengisi pos bek kiri. Ia tampil selama 45 menit dalam laga yang berkesudahan dengan skor imbang 2-2.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%