Liga Indonesia

Intip Penampakan 2 Stadion Ibu Kota yang Baru, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Senin, 26 Agustus 2019 17:38 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Intip penampakan 2 Stadion ibu kota yang baru, Penajam Paser Utara Copyright: © INDOSPORT
Intip penampakan 2 Stadion ibu kota yang baru, Penajam Paser Utara

INDOSPORT.COM – Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan pemindahan lokasi ibu kota Republik Indonesia ke wilayah Kalimantan Timur. Lokasi itu berada di dunia kabupaten, yakni Kapbupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Jokowi menjelaskan bahwa pemindahan ibu kota ini sudah diputuskan setelah pemerintah melakukan kajian intensif. Salah satu alasan pemindahan ibu kota ke Provinsi Kalimantan Timur ini adalah lokasi yang strategis dan minim risiko bencana alam.

Terlepas dari keputusan itu, nyatanya ada tiga stadion sepak bola yang berada di ibu kota Indonesia yang baru. Tiga stadion itu nantinya akan menggantikan stadion bersejarah Gelora Bung Karno, menjadi tempat olahraga di ibu kota.

Bukan tidak mungkin jika tiga stadion yang ada di Kapbupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara akan menjelma menjadi yang terbesar di Indonesia, atau bahkan Asia.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk mengajak kalian untuk mengintip penampakan dua stadion yang terletak di ibu kota Indonesia yang baru. Simak penjelasannya.

Stadion Benuo Taka

© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Stadion Benuo Taka Copyright: Teddy Rumengan/INDOSPORTStadion Benuo Taka

Stadion Benuo Taka merupakan sarana olahraga, khususnya sepak bola yang terletak di daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Balikpapan. Awalnya, pihak Stadion Benuo Taka ini telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah Persiba Balikpapan di Liga 1 2017.

“Pemerintah Kabupaten PPU menawarkan kepada Persiba Balikpapan untuk menggunakan stadion yang ada di PPU sebagai home base mereka,” ujar Yusran Aspar, yang saat itu menjabat sebagai Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Akan tetapi, Persiba tak jadi menggunakan Stadion Benuo Taka sebagai markasnya di Liga 1 2017 lalu. Mereka lebih memilih menggunakan Stadion Gajayana, sebelum akhirnya pindah ke Stadion Batakan.

Itu tak terlepas dari banyaknya syarat untuk memenuhi aturan yang diberlakukan Liga 1, yang membuat pemerintah harus mengeluarkan dana sekitar Rp25 miliar.

Stadion Benuo Taka ini sendiri tidak memiliki tribun yang mengtari lapangan. Tribun itu hanya ada di samping lapangan, sedangkan di belakang gawang masih belum memiliki bangku penonton.

Stadion Aji Imbut

© http://nysnmedia.com
Stadion Aji Imbut Copyright: http://nysnmedia.comStadion Aji Imbut.

Dari nama stadion di atas nyatanya nama Stadion Aji Imbut lebih dikenal oleh pecinta sepak bola nasionl. Karena Stadion Aji Imbut ini telah menggelar pertandingan Liga 1 2017 saat pertandingan kandang Mitra Kukar.

Stadion ini sendiri resmi dibuka pada 18 Juni 2008 lalu dengan biaya pembangunan mencapai Rp899 miliar. Stadion Aji Imbut ini juga masih digunakan Mitra Kukar sebagai home base-nya di kompetisi Liga 2 2019.

Sekedar informasi, Stadion Aji Imbut ini mampu menampung lebih dari 35 ribu penonton, khususnya pendukung setia Mitra Kukar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
67%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%