In-depth

Ansu Fati: Dari Amido Balde, Lionel Messi, hingga Debut di LaLiga Bersama Barcelona

Senin, 26 Agustus 2019 15:46 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Quality Sport Images/Getty Images
Lionel Messi, Ansu Fati dan Amido Balde. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Lionel Messi, Ansu Fati dan Amido Balde.

INDOSPORT.COM – Pemain muda Barcelona, Ansu Fati baru diberikan kesempatan untuk melakukan debut di pekan kedua LaLiga Spanyol 2019/20 melawan Real Betis, Senin (26/08/19) dini hari WIB.

Pada pertandingan yang dimenangkan Barcelona dengan skor 5-2 tersebut, Ansu Fati masuk dari bangku cadangan pada menit ke-78 menggantikan Carles Perez.

Meski hanya bermain kurang lebih 15 menit, Ansu Fati mampu membuat publik Camp Nou terpukau. Bagaimana tidak, Ansu Fati berhasil masuk dalam buku sejarah di kompetisi LaLiga Spanyol.

Ia mampu menjadi pemain termuda kedua yang tampil di kasta tertinggi sepak bola Spanyol (16 tahun, 289 hari), setelah pemain Real Madrid Vincenc Martinez (16 tahun 280hari) pada tahun 1941.

Pemain bernama lengkap Anssumane Fati tersebut merupakan pemain berkebangsaan Guinea-Bissau. Kebangsaan itu nyatanya sama dengan bintang Persebaya Surabaya di Liga 1 2019, yakni Amido Balde.

Meski sama-sama berpaspor Guinea-Bissau, keduanya belum pernah menjalani pertandingan bersama. Karena Ansu Fati sendiri masih belum mendapatkan panggilan dari Timnas Guinea-Bissau, mengingat usianya yang masih sangat belia.

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Aksi selebrasi Amido Balde melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Persib Bandung. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTAksi selebrasi Amido Balde melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Persib Bandung.

Sedangkan Amido Balde telah dipercaya memainkan pertandingan resmi bersama Timnas Guinea-Bissau pada 2015 lalu. Dirinya dipercaya tampil saat menghadapi Liberia di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika.

Akan tetapi, Ansu Fati kemungkinan besar akan menjadi bintang masa depan di Timnas Guinea-Bissau (asalkan ia tidak memilih menjadi warga negara lain). Dirinya bisa saja melampaui pencapaian Amido Balde di negaranya.

Itu tak terlepas dari banyaknya pihak yang kagum dengan sosok Ansu Fati, termasuk sang mega bintang Barcelona, Lionel Messi. Itu terbukti ketika Messi memberikan pelukan hangat kepada pemain berusia 16 tahun tersebut selepas laga.

“Pertandingan yang sangat hebat,” puji Lionel Messi saat memposting momen dia memeluk Fati di akun media sosial pribadinya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Leo Messi (@leomessi) on

Sama seperti kasus Amido Balde, Ansu Fati juga belum pernah merasakan bermain bersama Messi di laga resmi. Mengingat, Messi harus absen di pertandingan Barcelona vs Real Madrid pada dini hari tadi.

Ansu Fati sendiri masih memiliki kemungkinan bermain bersama Messi di sisa kompetisi LaLiga Spanyol musim ini. Bukan tidak mungkin pelatih Ernesto Valverde kembali memberikan kesempatan kepada Ansu Fati untuk main bareng dengan Messi.

© Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty Images
Ansu Fati striker muda Barcelona berusia 16 tahun. Copyright: Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty ImagesAnsu Fati striker muda Barcelona berusia 16 tahun.

Valverde memang sengaja membawa nama Ansu Fati ke skuat senior Barcelona setelah tiga bintang di lini serangnya mengalami cedera, yakni Messi, Luis Suarez dan Ousmane Dembele.

Mantan pelatih Athletic Bilbao nampaknya cukup terkesan dengan penampilan Ansu Fati bersama Barcelona U-19. Karena pada ajang UEFA Youth League 2018/19 lalu, dirinya mampu mencetak 4 gol dan 3 assist dari 9 laga.

Sayangnya, penampilan apiknya itu tak mampu membawa Barcelona U-19 melangkah ke final UEFA Youth League 2018/19. Itu terjadi ketika mereka dikalahkan Chelsea U-19 di babak semifinal lewat drama adu penalti (6-7).