Liga Indonesia

Profil Singkat Aryn Williams, Eks Liga Inggris yang Akan Gabung Persebaya

Senin, 26 Agustus 2019 13:44 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© John Walton - PA Images via Getty Images
Osayamen Osawe saat berseragam Burnley dan logo Persebaya. Copyright: © John Walton - PA Images via Getty Images
Osayamen Osawe saat berseragam Burnley dan logo Persebaya.

INDOSPORT.COMPersebaya Surabaya dikabarkan akan segera merekrut gelandang bertahan asal Australia, Aryn Williams pada bursa transfer paruh musim kompetisi Liga 1 2019.

Seperti isu yang berkembang di sejumlah media sosial, pemain berusia 25 tahun ini dijadwalkan akan menjalani tes medis pada Senin (26/08/19) mendatang.

Kabar ini muncul setelah akun Twitter @indos.transfer menyebutkan jika Williams bakal mengisi slot pemain asing Asia di Persebaya pada sisa kompetisi Liga 1 2019 ini.

Williams sendiri semakin mungkin bergabung dengan Persebaya pada bursa transfer paruh musim ini setelah dirinya tak lagi memiliki klub. Ia tak mendapatkan perpanjangan kontrak dari klub India, NEROCA FC.

Apabila Persebaya benar-benar mendatangkan Williams, tentunya tim berjuluk Bajul Ijo tersebut harus melepas Manuchekhr Dzhalilov. Karena klub Liga 1 hanya boleh mengisi satu pemain di slot asing Asia.

Profil Singkat Aryn Williams

© Neal Simpson - PA Images via Getty Images
Aryn Williams saat berduel dengan Osayamen Osawe. Copyright: Neal Simpson - PA Images via Getty ImagesAryn Williams (kiri) saat berduel dengan Osayamen Osawe di Liga Inggris.

Sebelum Williams benar-benar akan bergabung dengan Persebaya, ada baiknya jika kita mengenal lebih dulu sosok gelandang yang satu ini.

Williams memulai karier sepak bolanya bersama klub akademi asal Australia, yakni ECU Joondalup. Setelah itu ia mencoba peruntungan di Liga Inggris dengan masuk skuat muda Burnley pada periode 2010-2012.

Hanya butuh dua tahun bagi Williams untuk dipromosikan ke skuat utama Burnley pada musim 2012/13. Akan tetapi, pemain yang juga bisa berposisi sebagai bek tengah tersebut tak memainkan satupun pertandingan bersama Burnley.

Setelah gagal mendapatkan kepercayaan tampil di Inggris, Williams pun akhirnya kembali ke Australia dengan memperkuat Floreat Athena pada 2013. Dua tahun berselang, ia membela klub Australia lainnya, yakni Perth Glory.

Bersama Perth Glory, Williams memainkan 22 pertandingan dan menyumbangkan satu assist. Williams pun juga turut membantu Perth Glory menjadi runner-up di Piala Liga Australia (FFA Cup) 2015.

Pada 2017, Williams akhirnya mencicipi untuk berkarier di India untuk memperkuat klub kasta kedua India, yakni NEROCA FC. Selama dua musim, Williams mampu menyumbangkan 4 gol dan 1 assist dari 38 pertandingan di semua kompetisi.

Catatan itu nyatanya cukup baik untuk seorang pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Tak hanya itu, Williams juga berperan penting saat membantu NEROCA FC menjadi runner-up di kasta kedua India (I-League) musim 2017/18.

Dengan pengalaman tersebut, tentunya Williams bisa menjadi opsi terbaik Persebaya pada sisa kompetisi Liga 1 musim 2019 ini. Mengingat, Bajul Ijo juga tidak memiliki gelandang bertahan yang solid dalam menjaga lini tengahnya.

Bukan tidak mungkin jika dirinya juga bakal membawa Persebaya meraih prestasi di Liga 1 2019 atau kompetisi lainnya. Karena sejak era Liga 1, Persebaya masih belum mampu berbicara banyak.