Liga Indonesia

Cerita Pemain Incaran Persebaya Aryn Williams: Lebih Pilih Timnas India Ketimbang Inggris

Senin, 26 Agustus 2019 18:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© John Walton - PA Images via Getty Images
Osayamen Osawe saat berseragam Burnley dan logo Persebaya. Copyright: © John Walton - PA Images via Getty Images
Osayamen Osawe saat berseragam Burnley dan logo Persebaya.

INDOSPORT.COM – Mantan gelandang Liga Inggris, Aryn Williams, yang baru-baru ini dilaporkan diincar Persebaya Surabaya kabarnya lebih memilih membela Timnas India ketimbang Australia.

Persebaya Surabaya dikabarkan akan segera merekrut gelandang bertahan asal Australia, Aryn Williams pada bursa transfer paruh musim kompetisi Liga 1 2019.

Seperti isu yang berkembang di sejumlah media sosial, pemain berusia 25 tahun ini dijadwalkan akan menjalani tes medis pada Senin (26/8/19).

Usut punya usut, mantan pemain klub Liga Inggris, Burnley, tersebut memiliki darah Inggris dari ayahnya (berasal dari Kent) dan ibunya yang berasal dari Mumbai India.

Lahir dan dibesarkan di Perth, Williams pun memiliki hak untuk membela tim nasional sepak bola di empat negara, yakni Australia, Inggris, Wales dan India.

Dilansir dari laman The World Games, pemain berusia 25 tahun itu tengah mempersiapkan debut internasionalnya. Namun, dirinya lebih memilih membela Timnas India ketimbang berkarier di Inggris ataupun Australia.

“Ini jelas merupakan mimpi yang saya perjuangkan dan mudah-mudahan dalam beberapa bulan ke depan saya bisa memperoleh paspor India dan mewakili timnas India,” kata Williams.

“Agen saya sudah berbicara dengan staf dari timnas India. Tidak ada yang bisa dipastikan, tapi mudah-mudahan saya bisa mendapatkan kesempatan untuk membuktikan diri bahwa saya cukup layak membela timnas India,” lanjutnya.

Selain karena silsilah keluarganya yang berdarah India, kecintaan Williams dengan India tak lepas dari pengalamannya bermain di klub kasta kedua India, yakni NEROCA FC.

Selama dua musim sejak 2017, Williams mampu menyumbangkan 4 gol dan 1 assist dari 38 pertandingan di semua kompetisi. Williams juga berperan penting saat membantu NEROCA FC menjadi runner-up di kasta kedua India (I-League) musim 2017/18.

Meski begitu, Williams menyadari betapa sulitnya tinggal di India yang memiliki cuaca tidak menentu. Terkadang dia harus berlatih dan bermain di wilayah dengan suhu di bawah 15 derajat, sepekan kemudian dia harus siap bermain di wilayah dengan suhu 35 derajat.

Sebelum memperkuat NEROCA FC, Williams pernah membela klub Australia, yakni Perth Glory  pada tahun 2015 dan membantu klub menjadi runner-up di Piala Liga Australia (FFA Cup) 2015.

Williams memulai karier sepak bolanya bersama klub akademi asal Australia, yakni ECU Joondalup. Dia sempat mencicipi karier di Liga Inggris bersama Burnley selama periode 2010 hingga 2013.

Namun, setelah tak mengemas satu pun penampilan, ia memulai petualangannya ke klub asal Yunani, Floreat Athena FC. Ia selanjutnya bermain di beberapa klub Australia dan India.