Liga Indonesia

'Dikerjai' Wasit, Pelatih Persibat Batang Sebut Spirit Fair Play Telah Dicederai

Senin, 26 Agustus 2019 12:25 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persibat
Pelatih Bona Simanjuntak saat memimpin latihan Persibat Batang. Copyright: © Media Persibat
Pelatih Bona Simanjuntak saat memimpin latihan Persibat Batang.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persibat Batang, Bona Simanjuntak, tampak sangat geram terhadap wasit pertandingan kontra tuan rumah Persiraja Banda Aceh dalam lanjutan pekan ke-12 Liga 2 2019 di Stadion H. Dimurthala, Sabtu (24/8/19), malam.

Wasit Ridwan Pahala asal Bandung dianggap berat sebelah karena kerap mengambil keputusan yang menguntungkan kubu tuan rumah. Bona bahkan menyebut tamu Persiraja tidak akan menang jika wasitnya seperti itu.

“Saya sudah komunikasi dengan Pak Danang (Ketua Umum Persibat) untuk melaporkan wasit kemarin ke pihak berwenang, tetapi kami tidak punya bukti yang cukup kuat berupa rekaman video pertandingan,” ujar Bona Simanjuntak kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Senin (26/8/19).

“Pasalnya ini merupakan wasit terburuk yang pernah saya temukan dalam dunia sepak bola. Kami hanya ingin bermain adil. Soal hasil bagus itu cuma bonus. Sepak bola Indonesia harus lebih maju lagi terkait wasit,” imbuh eks pelatih PSIM Yogyakarta tersebut.

Bona menganggap beberapa keputusan wasit yang mencederai spirit fair play yakni ketika pemain Persibat Batang dijatuhkan lawan, namun sang pengadil tetap melanjutkan pertandingan. Ia menjelaskan bahwa hal ini dilakukan oleh Ridwan Pahala sepanjang jalannya laga.

Namun, Bona Simanjuntak tidak ingin anak asuhnya terus memikirkan kekalahan kemarin. Ia meminta cukup manajemen saja yang mengurus permasalahan ini dan meminta untuk para pemain fokus menatap laga selanjutnya melawan PSMS Medan.

Bona Simanjuntak pun juga berharap pertandingan melawan Ayam Kinantan, Rabu (28/8/19), lusa bisa berjalan fair dan wasit tidak berat sebelah. Persibat Batang membutuhkan tambahan poin agar terhindar dari jeratan degradasi di pengujung putaran kedua Liga 2 2019 Grup Barat.