Liga Indonesia

Amido Balde Dirumorkan Akan Gantikan Eero Markkanen di PSM Makassar

Selasa, 27 Agustus 2019 20:49 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
PSM Makassar dirumorkan sedang mencari peluang untuk mendatangkan Amido Balde dari Persebaya Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
PSM Makassar dirumorkan sedang mencari peluang untuk mendatangkan Amido Balde dari Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COMPSM Makassar dirumorkan mencari peluang untuk mendatangkan Amido Balde. Striker Persebaya Surabaya itu diperkirakan bisa menggantikan Eero Markkanen yang tampil kurang baik belakangan ini.

Rumor tersebut muncul dari akun @indos.transfer pada Selasa (27/8/19). PSM dalam beberapa waktu belakangan diyakini tengah mencari striker mumpuni. Pasalnya, Markkanen yang sempat menggebrak di Piala AFC 2019 menunjukkan penurunan performa.

Dalam enam penampilan Markkanen di Piala AFC, ia berhasil mencetak lima gol. Selanjutnya, enam penampilannya di Shopee Liga 1 2019 hanya berbuah satu gol. Ia baru mencetak gol perdananya ke gawang PSS Sleman dalam laga terakhir (23/8/19).

Alih-alih banyak mencetak gol, striker asal Finlandia itu punya catatan disiplin yang kurang baik. Ia menerima kartu merah kala berhadapan dengan Bali United pada menit ke-90. Larangan tampil dalam dua laga tentu merugikan PSM yang berupaya naik ke papan atas.

Di sisi lain, Balde menunjukkan statistik yang lebih baik. Dalam total 20 penampilannya untuk Persebaya, ia telah mencetak 15 gol. Semua gol tersebut ia cetak di ajang Kratingdaeng Piala Indonesia, Piala Presiden, dan Shopee Liga 1 2019.

Dalam sembilan penampilannya di kancah liga, eks penyerang Glasgow Celtic ini telah mengemas lima gol. Ia bahkan mencetak hattrick ke gawang Persib Bandung pada pekan ketujuh. Balde tentu bisa dipertimbangkan lebih lanjut untuk tim Juku Eja.

Seperti halnya Markkanen, Balde bisa berperan sebagai decoy dan target man. Striker asal Guinea-Bissau itu juga mumpuni dalam duel udara dengan tinggi badan lebih dari 190 centimeter. Selain itu, posisinya di Persebaya belum tentu dipertahankan akibat kedatangan David Da Silva.

Rumor ini menimbulkan beragam reaksi dari para warganet. Sebagian suporter PSM mendukung kehadiran Amido Balde, dan lainnya tak menyetujuinya. Namun, kepastian rumor ini sendiri bakal diketahui dalam beberapa waktu ke depan.